H+1 Lebaran, Polisi Siapkan Checkpoint Pos di Hotel 56

690
Iwan J Sastra - Meski arus pemudik dari arah pulau jawa menuju wilayah Lampung yang melintas di jalan lintas sumatera (Jalinsum) Kalianda masih terlihat lenggang, namun para petugas jaga di Pos Mudik Terpadu Rest Area Masjid Agung Kalianda sudah terlihat siaga sejak H-6 lebaran idul fitri, Rabu (20/6), siang.

KALIANDA – Korps Lalulintas (Korlantas Polri) bekerjasama dengan Jasa Raharja akan mempersiapkan checkpoint pos pelayanan terpadu kendaraan roda dua. Rencananya pos yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Hotel 56, Kecamatan Kalianda itu akan mulai dioperasikan pada H+1 Idul Fitri mendatang.

Checkpoint pos ini dipersiapkan untuk menghadapi arus mudik yang diprediksi banyak dilalui pemudik menggunakan kendaraan roda dua. Sejumlah fasilitas pun akan disiapkan, termasuk tempat istirahat, musholla, toilet, bengkel, dan wifi.

BACA :  PN Kalianda Tunda Sidang

“Jadi pemudik yang naik motor bisa singgah. Kalau ada yang mau memperbaiki motor ya monggo, fasilitasnya juga sudah ada,” kata Kasat Lantas Polres Lamsel AKP. Reza Khomeini, S.IK kepada Radar Lamsel, Kamis (24/5) kemarin.

Menurut alumnus Akpol 2006 ini, fungsi lain adanya checkpoint pos tersebut juga dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan yang disebabkan karena kelalaian pengendara.

BACA :  2 PDP di RSUD Bob Bazar

“Tidak dipungkiri jika puncak kelelahan bisa mengakibatkan hilangnya konsentrasi saat berkendara, hal inilah yang biasanya menjadi pemicu kecelakaan,” katanya.

Mantan Kasat Lantas Polres Mesuji ini melanjutkan, lokasi checkpoint di Hotel 56 itu diprediksi mampu menampung 1.000 kendaraan roda dua. “Diupayakan semaksimal mungkin, karena checkpoint pos ini program Korlantas yang bekerja sama dengan Jasa Rajarja Pusat,” pungkasnya. (rnd)