Hamdalah, Lamsel Masih Nihil Corona

170
GAMBAR ILUSTRASI

KALIANDA – Penyebaran virus corona (covid-19) di Kabupaten Lampung Selatan, kian menghantui masyarakat. Terlebih, pasca informasi yang beredar jika terdapat satu pasien dalam pengawasan (PDP) dari Bumi Khagom Mufakat yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi  Lampung.

Namun, Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona menampik informasi tersebut. Bahkan, pihaknya menyebut jika sejauh ini Lamsel masih aman terhadap penularan virus yang menyerang saluran pernafasan ini.

Koordinator Publikasi Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Lamsel, Sefri Masdian tidak menepis informasi satu orang berstatus PDP yang disampaikan oleh Dinkes Provinsi Lampung. Namun, setelah dikonfirmasi lebih lanjut dan menjalani observasi yang bersangkutan dianggap sehat dan statusnya menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

BACA :  Pemkab Lamsel Raih WTP Empat Kali Berturut -Turut

“Terkait seorang pasien yang sempat dirawat di RSUD A Tjokrodipo Bandar Lampung, sudah dipastikan tidak berstatus PDP. Pasien itu sudah kembali ke rumahnya dan dinyatakan sebagai ODP. Kalau tidak percaya besok ada klarifikasinya dari Dinkes Provinsi Lampung,” ungkap Sefri kepada Radar Lamsel, Minggu (22/3) kemarin.

Dia menjelaskan, sejauh ini pihaknya mencatat masih menangani sebanyak 54 warga berstatus ODP. Mereka masih menjalani pemeriksaan rutin hingga 14 hari untuk keluar dari status ODP.

BACA :  Puluhan Rumah di Pantai Mutun Terendam Banjir Rob

“Sesuai prosedur, jika selama 14 hari dinyatakan sehat maka yang bersangkutan tidak lagi menyandang status ODP. Jadi, total ODP yang sudah kita lakukan penanganan sampai saat ini berjumlah 286 orang,” terangnya.

Dia berharap, masyarakat tidak panik dengan berbagai informasi yang beredar terkait penyebaran virus corona. Terlebih, dengan beredarnya pasien terduga corona dari wilayah Lamsel.

“Yang terpenting masyarakat harus selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Serta, mengindahkan himbauan yang berkaitan dengan penanganan penyakit ini,” tutupnya. (idh)