Harapkan Populasi Sapi Meningkat 5 Persen

441

PALAS – Unit Pelakasana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Palas – Sragi melakukkan pendataan populasi  hewan ternak sapi di Kecamatan Palas, Selasa (2/10) .

Kepala UPT Puskeswan Kecamatan Palas – Sragi Wardi mengatakan, pendataan tersebut dinilai penting untuk mengatahui perkembangan jumlah populasi sapi yang ada diwilayah setempat.

“Pecatatan jumlah populasi hewan ternak ini memegang peranan penting. Terutama setelah adanya program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) pada tahun 2017 kemarin,” kata dia kepada Radar Lamsel, Selasa (2/10).

BACA :  Realisasi PBB di Palas Masih Rendah

Wardi memaparkan, jumlah populasi hewan ternak sapi di Kecamatan Palas dari hasil pendataan tahun 2017 berjumlah 2.219 ekor yang diharapakan akan berkembang populasinya sebanyak  5 persen dalam setiap tahunnya.

“Tahun 2017 ada 2.219 sapi yang diternak oleh masyarakat. Jumlah tersebut diharapkan dari hasil pendataan ini ada peningkatan polulasi sebanyak 5 persen apalagi dengan adanya program SIWAB tersebut,” ucapnya

BACA :  UMKM Harus Punya Izin Usaha

Rusdi mentuturkan, saat ini pihakanya masih berupaya meningkatkan jumlah populasi sapi di Kecamatan Palas, dengan memberikan pelayanan iseminasi buatan.

“Meski di tahun 2018 ini sudah tidak ada program SIWAB. Namun kami terus berupaya untuk meningkatkan jumlah populasi dengan memberikan pelayanan inseminasi buatan atau kawin suntik dengan benih unggul dan berkualitas. Dengan begitu selain menambah jumlah pupulasi tetapi juga menghasilkan sapi-sapi unggulan,” tutupnya. (vid)