Harga Gabah Masih Stabil

1007

PENENGAHAN – Harga gabah kering giling (GKG) dan gabah kering panen (GKP) di Kecamatan Penengahan masih stabil. Saat ini kualitas gabah GKP berada diangka Rp4.000 per kilogram. Sedangkan harga gabah GKG Rp 4.900 perkilogram untuk jenis padi muncul.
Ketua kelompok tani (Poktan) Serai Serumpun Desa Ruang Tengah Harun mengatakan, saat ini kualitas gabah kering panen (GKP) berada diangka Rp 4.000 per kilogram. “Penurunan harga biasanya terjadi saat musim hujan karena tidak bisa jemur. Kalau panen sekarang ini harganya masih standar, masih sama seperti sebelumnya,” kata Harun kepada Radar Lamsel, Rabu (28/12).
Ditingkat penggilingan, sambung dia, harga gabah kering giling (GKG) mencapai Rp 4.900 perkilogram untuk jenis padi muncul. “Harga tinggi ditingkat penggilingan itu yang kualitas ciherang harganya bisa mencapai Rp 5.100 perkilogram,” ujarnya.
Menurut Harun, rata-rata penghasilan gabah per hektarnya bisa mencapai 6,5 ton. “Biaya operasional dari penanaman sampai panen itu bisa menghabiskan dana Rp4,5 sampai Rp5 juta perhektarnya. Itulah yang digunakan untuk melakukan penanaman bulan ini,” katanya.
Saat panen musim kering, harga gabah akan bisa meningkat dari sebelumnya. Harun memperkirakan di musim panen pertengahan tahun seperti itu, banyak pembeli gabah dari luar daerah. “Yang sudah-sudah memang ada peningkatan harga. Itu terjadi karena ada pembeli dari pulau Jawa yang menyebabkan timbulnya persaingan harga,” tukasnya. (rnd)