Harga Telur Ayam Terus Melonjak

1054
Agus Pamintaher – Harga telur ayam ras di Pasar Sidomulyo, terus mengalami kenaikan dan dijual dengan harga Rp 22 ribu perkilogramnya.

SIDOMULYO – Harga telur ayam ras di Pasar Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, terus mengalami kenaikan. Saat ini harga ditingkat pedagang berkisar Rp 22 ribu perkilogram dari harga sebelumnya Rp 20 ribu perkilogram. Bahkan harga tersebut, lebih tinggi lagi jika dijual di setiap warung.
Sudarmi (50) pedagang telur mengaku, harga telur sudah naik dari agen yang biasa mengirim ke sejumlah pedagang. Bahkan harga telur ayam ras, setiap hari bisa berubah yang dijual oleh pedagang. Hal tersebut diperkirakan akibat dampak kenaikan harga pakan.
“Harganya memang fluktuatif dan sering berubah-rubah. Makanya harga jual kadang bisa berubah sewaktu-waktu. Pagi turun, tahu-tahu sore ada kabar harga naik. Makanya kami tidak berani menyimpan dagangan terlalu banyak,”kata Sudarmi, Senin (7/12).
Terkait dengan naiknya harga telur, Bambang (45) yang juga pedagang di Pasar Sidomulyo mengaku, harga telur sempat mengalami penurunan hingga Rp 15 ribu perkilogramnya. Bahkan harga tersebut merupakan harga terendah semenjak harga-harga mengalami kenaikan.
“Pernah sekali harganya rednah dan itu tidak bertahan lama. Memang kalau harga rendah, jarang barang dijual ke pasar. Tetapi kalau sudah harganya naik, pasti banyak telur yang dijual. Kami juga tidak tahu kenapa bisa seperti itu,”kata Bambang.
Sementara itu, padagang telur di Way Panji, Ilhamuddin (40) mengaku mendapatkan telur dari luar Kecamatan Way Panji. Hal tersebut dikarenakan, pedagang telur yang biasa memasok barang kehabisan stok.
“Biasanya peternak ayam petelur sering mengirim barang ke tempat kami. Tetapi sejak harga pakan naik, mereka sudah tidak lagfi mengirimkan barangnya. Meskipun begitu, masyarakat tetap membeli telur sesuai dengan kebutuhannya,”kata Ilham. (gus)

BACA :  Katibung dan Ketapang akan Dibangun Pusat Industri
BAGIKAN