Hari Ini KPU Tunggu Parpol Hingga Pukul 00.00

568
Ketua DPC PDIP Lamsel H. Hendry Rosyadi didampingi pengurus PDIP menyerahkan berkas ke KPU Lamsel, Minggu (15/10).

PKS Ucap Alhamdulillah, Gerindra Paling Banyak, PDIP Pekik Merdeka

KALIANDA – KPU Lampung Selatan terus menerima pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019 di Kabupaten Lampung Selatan.

H-1 Minggu (15/10) kemarin, tiga parpol tercatat menyerahkan berkas hard copy dan soft copy kartu tanda anggota (KTA) ke KPU. Mereka adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS); Partai Gerindra dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pantauan Radar Lamsel, PKS tiba di KPU sekitar pukul 11.45 WIB.

Penyerahan berkas lampiran pendaftaran itu hanya dihadiri pengurus inti PKS. Yaitu Ketua DPD PKS Lamsel Bowo Edi Anggoro didampingi Sekretaris Andi Aprianto; Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Purwoto; Wakil Ketua Walidi dan Liaison Officer (LO) PKS Winarto.

Berkas KTA yang disampaikan sebanyak 1.546 KTA. Setelah melalui proses ceklist, KPU menerima berkas tersebut dan memberikan tanda terima penyerahan berkas.

Alhamdulillah, misi awal kami memang memuluskan agar proses ini berjalan lancar. Tadi setelah dicek oleh KPU tidak ada persoalan terhadap berkas yang kami serahkan. Selanjutnya seperti apa, kami akan ikuti prosesnya,” kata Ketua DPD PKS Bowo Edi Anggoro kepada Radar Lamsel.

Edwin Apriandi – DPD PKS Lamsel, PDIP dan Partai Gerindra menyerahkan berkas partai politik ke KPU Lampung Selatan, Minggu (15/10) kemarin.
Edwin Apriandi – Pengurus DPD PKS Lamsel menyerahkan berkas partai politik ke KPU Lampung Selatan, Minggu (15/10) kemarin.

Setelah PKS, Partai Gerindra tiba di KPU sekitar pukul 15.10 WIB. Tak lama kemudian PDIP juga tiba di kantor penyelenggara pemilu di Jl. Raden Intan No. 182A, Kalianda tersebut.

Kedua partai besar ini nyaris tiba bersamaan. Alhasil, dua partai ini harus bergantian menyerahkan berkas. KPU terlebih dahulu menerima berkas Gerindra. Partai besutan Prabowo Subianto ini menyerahkan 2.518 KTA. Penyerahan berkas ini dilakukan oleh Ketua Gerindra Lamsel H. Fahrorrozi, S.T didampingi puluhan kader dan fungsionaris partai.

Namun setelah diceklist oleh KPU, berkas Gerindra masih kurang lantaran adanya penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) SIAK. KPU lantas memberikan waktu kepada Gerindra untuk memperbaikinya.

BACA :  Huntap Kurang Lahan 6.000 Meter

Tak hanya Gerindra. PDIP juga mengalami hal serupa. Bedanya PDIP langsung memperbaiki kekurangan berkas dan kembali datang ke KPU untuk menyerahkan berkas yang diperbaiki.

Penyerahan berkas PDIP langsung diserahkan Ketua DPC PDIP Lamsel H. Hendry Rosyadi kepada KPU Lamsel. Ketua DPRD Lamsel itu didampingi Sekretarisnya Nanang Ermanto yang juga Wakil Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

Kekurangan berkas KTP pada berkas pendaftaran PDIP itu diakui lantaran selip menjilid. PDIP dinyatakan kurang 25 lembar KTP dari 1.223 KTA yang diserahkan dalam proses pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2019 itu.

Namun kekurangan itu langsung diperbaiki dan KPU akhirnya menerima berkas tersebut dan memberikan tanda terima penyerahan berkas. “Alhamdulillah, sekarang sudah klop dan pas. Tidak ada yang kurang lagi,” ungkap Ketua KPU Muhammad Abdul Hafids.

Pernyataan itu langsung disambut dengan pekikan Merdeka oleh puluhan pengurus dan kader partai berlambang moncong putih tersebut. “Alhamdulilah. Merdeka!,” pekik Hendry Rosyadi.

Edwin Apriandi - Pengurus DPC Partai Gerindra Lamsel saat menyerahkan berkas pendaftaran di KPU Lampung Selatan, Minggu (15/10).
Edwin Apriandi – Pengurus DPC Partai Gerindra Lamsel saat menyerahkan berkas pendaftaran di KPU Lampung Selatan, Minggu (15/10).

Tak lama dari PDIP, Gerindra juga melengkapi berkas yang mengalami kekurangan. Sama halnya dengan PDIP, Gerindra juga mengakui terjadi selip dalam proses memfoto copy.

Kendati demikian Gerindra tercatat sebagai parpol yang menyerahkan KTA terbanyak sejauh ini. Yaitu sebanyak 2.518 KTA. “Sudah kami perbaiki. Ada selip saat mem-fotocopy,” kata LO Gerindra Syaiful Anwar kepada Radar Lamsel.

Menurut Syaiful, kesalahan saat memfotocopy itu merupakan hal yang manusiawi mengingat data KTA yang diserahkan Gerindra sangat banyak. “Ya, biasalah. Manusiawi. Salah sedikit nggak apa-apa. Yang penting kita sudah dapat tanda terima dari KPU. Untuk proses selanjutnya, kami siap,” ungkap anggota DPRD Lamsel itu.

BACA :  Proyeksi Turun, Maksimalkan PAD!

Penyerahan tanda terima yang dilakukan KPU dengan PDIP dan Gerindra menambah daftar parpol yang telah mendapatkan tanda terima sebelumnya. Dari catatan Radar Lamsel setidaknya sudah ada 7 parpol yang telah mendapatkan surat yang sepertinya membuat lega parpol.

Yaitu Partai Persatuan Indonesia (Perindo); Partai Solidaritas Indonesia (PSI); Partai NasDem; Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ditambah Gerindra dan PDIP.

Komisioner KPU Lamsel Hj. Sri Fatimah membernarkan baru ada tujuh parpol yang menyerahkan berkas. Sedangkan parpol yang telah masuk kedalam sistem informasi partai politik (Sipol) KPU RI sebanyak 17 parpol.

“Artinya masih ada 10 parpol yang belum menyerahkan berkas kepada KPU. Kita tunggu besok (hari ini’red) hingga pukul 00.00 WIB,” ungkap perempuan berjilbab itu.

Dari 10 parpol tersebut beberapa diantaranya merupakan parpol peserta pemilu 2014. Diantaranya Partai Demokrat; Partai Persatuan Pembangunan; Partai Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

PAN Optimis Lolos Verifikasi

Dibagian lain, DPD PAN Lampung Selatan optimis lolos verifikasi KPU Lampung Selatan. Sikap ini disampaikan Sekretaris DPD PAN Lamsel Sugianto kepada Radar Lamsel setelah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Lamsel, Sabtu (14/10).

Pengurus DPD PAN Lampung Selatan menyerahkan berkas pendaftaran parpol ke KPU Lamsel, Sabtu (14/10).
Pengurus DPD PAN Lampung Selatan menyerahkan berkas pendaftaran parpol ke KPU Lamsel, Sabtu (14/10).

PAN datang ke KPU sekitar pukul 15.48 WIB. Partai besutan Amien Rais ini menyerahkan KTA sebanyak 1.527 KTA. Mereka disambut Ketua KPU Lamsel Muhammad Abdul Hafids dan komisioner KPU lainnya antara lain Hendra Apriansyah dan Mislamuddin.

Proses ceklis PAN juga berlangsung lancar. Meski datang ke KPU pada waktu yang nyaris ditutup, partai berlambang matahari ini tetap mendapatkan tanda terima pendaftaran dari KPU.

Menurut Sugianto, PAN siap mengikuti proses verifikasi KPU. “Kami siap mengikutinya. Semua tahapan dan prosesnya akan kita ikuti,” ungkap Sugianto. (edw)