Hari Santri Nasional, MI Mastlahatul Umah Gelar Karnaval

909

CANDIPURO – Memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mastlahatul Umah Desa Sidomakmur, Kecamatan Way Panji, menggelar karnaval keliling desa. Selain murid MI, peserta karnaval juga diikuti anak-anak PAUD dan ibu-ibu pengajian.
Kepala MI Mastlahatul Umah, Edi Purwoko, S.Pd mengatakan, digelarnya karnaval sebagai upaya mengetahui lahirnya para santri di Indonesia dan ditetapkan Hari Santri Nasional. Sengaja mengundang anak-anak PAUD dan Ibu pengajian agar kegiatan semakin meriah. Bahkan acara tersebut terbilang sukses dan mendapat perhatian dari masyarakat.
“Anak-anak MI berpakaian santri dan yang mengikuti karnaval berpakaian adat yang menunjukkan bahwa di Indonesia ini terdiri dari banyak suku. Ini juga untuk mengingatkan kepada anak-anak agar mencintai tanah air. Karena sekarang ini, nilai-nilai tersebut mulai berkurang seiring dengan perkembangan zaman,”ujar Edi Purwoko, Jum’at (23/10).
Sementara itu, tokoh agama Desa Sidomakmur, Ustadz. Sarwoto mengatakan, ia sangat berterima kasih anak-anak yang peduli dan mau memperingati Hari Santri Nasional. Karena dari lahirnya para santri akan membuat aklak bangsa ini menjadi lebih baik.
“Semangat yang ditunjukkan oleh anak-anak patut untuk diteruskan dalam mencetak generasi muda yang mumpuni. Kami yang tua-tua ini akan selalu mendukung apa yang terbaik. Tetapi jangan salah dalam melangkah, karena kalau sampai salah akan terjerumus ke jurang yang tidak baik,”kata Sarwoto.

Camat Way Panji, Isro Abdi, SE yang membuka karnaval mengatakan, sangat mendukung kegiatan tersebut. Ia berharap, karnaval tidak hanya dilaksanakan oleh sekolah tetapi oleh Panitia yang ada di tingkat Kecamatan.
“Baru ditingkat sekolah ini sudah meriah, apalagi jika dilaksanakan di tingkat Kecamatan. Mudah-mudahan Sekolah lain yang ada di Way Panji ini juga bisa ikut melaksanakan karnaval,”kata Isro Abdi. (gus)