Hijaukan Lokasi Wisata Kuliner

728
Idho Mai Saputra – Plt. Sekkab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono melakukan penanaman pohon dilokasi Wisata Kuliner TPI Dermaga Bom Kalianda, Jum’at (8/1).

KALIANDA – Upaya mengembangkan kawasan wisata kuliner di TPI Dermaga Bom Kalianda terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Teranyar Pemkab Lampung Selatan bakal menambah pepohonan hijau dikawasan yang berada pantai Kalianda iu.
Penanaman dilakukan Plt. Sekkab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono yang berinisiatif menambah pepohonan hijau di kawasan tersebut, Jum’at (8/1).
Pantauan Radar Lamsel, Erlan mengunjungi lokasi wisata itu bersama dengan sejumlah kepala satuan kerja (satker). Diantaranya Kepala Dinas Kehutanan Ir. Priyanto Putro, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan DR. Meizar Melanesia, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Drs. Eddyar Saleh, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Drs. P. Marpaung, Kepala Dinas Perkebunan Zailani Bura dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sispil Hasan Apriansyah, SH.
Erlan menungkapkan, sedikitnya 150 batang bibit pohon ditanam di lokasi tersebut. Mulai dari bibit bibit pohon ketapang, cemara laut, dan kelapa puan kalianda (KPK).
“Kami lakukan ini secara spontanitas. Karena, kami ingin mewujudkan lokasi wisata kuliner yang sejuk. Agar, para wisatawan dan masyarakat yang berkunjung betah dan mau kembali lagi kesini (wisata kuliner’red),”ungkap Erlan di sela kegiatan.
Dia menambahkan, pengembangan wisata ini perlu didukung dengan adanya lingkungan hijau dan sejuk serta menyegarkan. Salah satu langkahnya, ialah dengan melakukan penanaman pohon-pohon tersebut.
“Seperti kita lihat bahwa tanaman ketapang yang telah ditanam pada waktu 3 – 4 tahun yang lalu telah menunjukan hasil bahwa lingkungan sekitar pepohonan itu menjadi sejuk dan rindang. Saya mengajak satker terkait juga untuk melihat lokasi ini. Kemudian lingkungan tersebut juga perlu didukung dengan sarana dan prasarana kebersihan atau tempat sampah,”imbuhnya.
Diharapkannya, masyarakat dan khususnya para pengunjung bisa ikut berpartisipasi dengan merawat dan menjaga tanaman-tanaman pohon yang di tanam. “Tanaman yang kita tanam akan kita rawat dan dipelihara sehingga berhasil tumbuh dan berkembang.Peran masyarakat juga dibutuhkan dalam pengembangan kawasan ini,”tutupnya. (idh)

BACA :  Paripurna LKPj 2019 PAD Tembus 99,48 Persen