Ibu-ibu dan Wali Murid Dilatih Buat Kudapan Bergizi

723
Kepala Dinas Perikanan Lamsel Dwi Jatmiko

Gunakan Mobil ATI, Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

KALIANDA – Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan melatih wali murid dan ibu-ibu dilingkungan SDN 1 Sukatani, Kecamatan Kalianda membuat kudapan (makanan kecil) berbahan ikan yang bergizi.

Menu kudapan yang dibuat dalam pelatihan itu adalah siomay ikan yang bernilai gizi. Yang menarik meski hanya membuat siomay ikan, Dinas Perikanan menggunakan teknologi dalam pembuatannya.

Yaitu menggunakan kendaraan mobil alih teknologi dan informasi (Mobil ATI) yang dilengkapai dengan sarana pelatihan pengolahan hasil perikanan, diantaranya freezer, kompor, peralatan masak, serta meja pengolahan.

Mobil ATI tersebut juga dilengkapi dengan sarana penyuluhan berupa TV dan perangkat sound system. “Ini pertama kalinya kita mensosialisasikan kendaraan ini kepada masyarakat,”ungkap Kepala Dinas Perikanan Dwi Jatmiko kepada Radar Lamsel, kemarin.

BACA :  Nanang Melesat, Hipni Menggugat

Dwi menjelaskan, pelatihan pembuatan jenis olahan siomay ikan dengan Mobil ATI dimaksudkan agar masyarakat memiliki keterampilan. Tujuannya, untuk mengajak kaum ibu membuat kudapan (makan kecil) berbahan ikan yang sehat dan bergizi bagi anak-anak dan keluarga.

“Melalui kegiatan ini kita berharap akan menumbuhkan semangat kaum wanita sehingga memiliki keteramplian. Dari situ, ibu-ibu dapat menambah penghasilan keluarga melalui penjualan somai ikan dan olahan asal ikan lainnya,”imbuhnya.

Selain memberikan pelatihan kepada orang tua murid dan warga sekitar, lanjutnya, Dinas Perikanan menggelar sosialisasi Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) yang merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan kampanye “Ayo Makan Ikan” khusus untuk anak Sekolah Dasar (SD).

BACA :  Bantuan Stimulus Listrik Diperpanjang hingga Desember

“Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kecerdasan dan kesehatan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus. Kami himbau para orang tua agar menyediakan menu makanan ikan kepada anak-anaknya,”lanjutnya.

Lebih jauh dia mngatakan, PMTAS dilaksanakan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lamsel terutama anak-anak generasi penerus agar sejak usia dini gemar makan ikan. Karena, ikan mengandung za-zat yang berguna bagi kesehatan tubuh, seperti Omega-3, protein, fosfor, kalsium, Vitamin A da B2. Selain itu, kandungan Omega-3 pada daging ikan dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh.

“Kita tahu ikan ini memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya mempercepat masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan otak anak. Sehingga anak akan tumbuh sehat dan pintar,”pungkasnya. (idh)