Ijazah Salah Formasi Dominasi CPNS TMS

159
Foto Ilustrasi CPNS

KALIANDA – Verifikasi berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi Kabupaten Lampung Selatan rencananya akan diumumkan pada 16 Desember, mendatang. Sejauh ini, para pelamar yang dinyatakan tidak lolos seleksi berkas lantaran tidak tepat sasaran memilih formasi sesuai ijazah yang mereka miliki.

Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Selatan Agus Dwi Jono mengungkapkan, pihaknya bersama tim panitia tengah merampungkan proses verifikasi berkas CPNS yang masuk sebanyak 5.464 pelamar.

Setidaknya, 5.127 berkas pelamar telah dilakukan verifikasi dan menyisakan 337 berkas CPNS. Namun, pihaknya akan melakukan verifikasi ulang sampai dengan batas waktu pengumuman yang tersisa.

 “Setelah rampung secara keseluruhan, kami akan melakukan verifikasi berkas ulang sampai dengan tanggal 16 Desember nanti. Agar tidak ada kekeliruan yang fatal. Apalagi, ada waktu tiga hari setelah pengumuman seleksi berkas untuk masa sanggah atau komplain para pelamar yang tidak lolos tahap awal ini,” ungkap Agus Dwi Jono kepada Radar Lamsel, Minggu (8/12) kemarin.

BACA :  Selamat Datang Sulpakar!

Dia menerangkan, masa sanggah ini diberikan sebagai bentuk keterbukaan panitia seleksi kepada para pelamar. Nantinya, para petugas akan memberikan penjelasan secara kongkret apa yang membuat para CPNS dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Pada dasarnya panitia telah memberikan syarat untuk setiap formasi yang dibutuhkan. Jika terdapat kekeliruan nanti data bisa di konfirmasi ulang pada masa sanggah itu,” terangnya.

BACA :  Ranperda KLA Disahkan

Lebih lanjut dia mengatakan, sejauh ini banyak pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) lantaran formasi yang mereka pilih tidak sesuai dengan ijazah. Namun, pihaknya belum bisa memastikan jumlah pelamar yang TMS lantaran persoalan tersebut.

“Yang jelas cukup banyak dan mayoritas mereka gugur verifikasi berkas karena hal itu. Misalnya, kebutuhan formasi untuk guru tapi ijazah mereka bukan dari sekolah keguruan. Ini salah satu contoh kecil nya saja,” bebernya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah masa sanggah verifikasi berkas tahapan selanjutnya akan dilakukan pencetakan nomor test bagi peserta yang dinayatakan lolos. “Nomor peserta tes akan dikonfirmasi oleh petugas melalui akun mereka masing-masing,” pungkasnya. (idh)