Imbau Nelayan Waspadai Angin Kencang dan Hujan

423

KALIANDA – Dinas Perikanan Lampung Selatan mengimbau seluruh nelayan di Lamsel untuk selalu mewaspadai cuaca ekstrime yang saat ini tengah melanda wilayah perairan laut Lampung Selatan.

Kepala Dinas Perikanan Lamsel Dwi Jatmiko mengatakan, cuaca ekstrime seperti angin kencang yang disertai hujan yang terjadi saat ini bisa membahayakan bagi keselamatan para nelayan saat berada ditengah laut.

“Cuaca saat ini memang sedang tidak bersahabat. Seperti angin kencang dan disertai hujan. Oleh sebab itu, kami mengimbau kepada para nelayan untuk selalu mewaspadai cuaca buruk jika saat berada ditengah laut. Karena dapat membahayakan perahu dan keselamatan nelayan,” ujar Dwi Jatmiko kepada Radar Lamsel di ruang kerjanya, Senin (27/11) kemarin.

BACA :  Siap-siap! Kendaraan ODOL Bakal Ditilang

Dia mengungkapkan, selain cuaca angin kencang, gelombang pasang yang terjadi di sejumlah wilayah pesisir laut itu pun harus menjadi perhatian para nelayan. Meski demikian lanjutnya, keputusan untuk melakukan aktifitas melaut dengan kondisi cuaca yang tidak menentu itu memang merupakan haknya para nelayan sendiri.

“Kami hanya sebatas memberikan imbauan saja, dan tidak bisa melarang nelayan untuk pergi melaut. Karena itu merupakan hak  mereka (nelayan, red). Yang jelas kami sudah mengimbau untuk mengantisipasi keselamatan para nelayan di kabupaten ini,” ungkapnya.

BACA :  Instruksi Pusat: Ceriwislah Bawaslu!

Dikatakannya, sebagai upaya antispasi keselamatan nelayan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamsel, guna mempersiapkan segala kebutuhan serta teknik – teknik penyelamatan jika sewaktu-waktu terjadi bencana ditengah laut.

“Alhamdulillah, sejauh ini kami belum menerima adanya laporan terkait bencana atau kecelakan nelayan ditengah laut. Artinya, keamanan nelayan selama musim angin kencang dan gelombang pasang ini masih status aman dan kondusif,” pungkasnya.  (iwn)

BAGIKAN