Imbau Perangkat Desa Majukan BUMDes

354

PALAS – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus  memaksimalkan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya peningkatan eknomi desa.

          Sebagai badan usaha yang dibentuk untuk meningktakan Pendapatan Asli Desa (PAD) pengelolaannya tidak hanya dilakukan oleh pengurus BUMDes, namun juga membutuhkan dukungan dari perangkat desa.

          Hal teresebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan Sampurno pada saat memberikan meteri pengelolaan BUMDes yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Bali Agung, Kecamatan Palas, Kamis (3/1).

          Sampurno mengatakan, meski pengurus BUMDes terpisah dari perangkat desa, namun dalam memajukan badan usaha tersebut juga membutuhkan suport dari perangkat desa.

BACA :  Perluasan Program Sembako, Rawan KPM Ganda

          “Meski pengurus BUMDes terspisah dari perangkat desa, namun dalam pelatihan ini kami juga menekankan kepada aparatur desa untuk ikut berperan seperti pemasarannya. Apalagi badan usaha yang dijalankan membidangi simpan pinjam,” kata Sampurno.

          Dalam kesempatan tersebut, Sampurno juga memberikan materi mendasar kepada pengurus BUMDes Desa Bali Agung yaitu, tentang pengelolaan laporan keuangan dan penyusunan proposal penyertaan modal.

          “Pada pelatihan ini diberikan meteri tentang tata cara penegeloaan laporan keuangan BUMDes. Karena hal tersebut yang paling mendasar dalam memajukan BUMDes yang ada di desa,” sambungnya.

BACA :  UMKM di Palas Terima Bantuan Stimulus

Sementara itu, Camat Palas, Rika Wati, S.STP, MM menjelaskan, untuk di Kecamatan Palas hingga saat ini terdapat tiga BUMDes yang sudah berjalan aktif yaitu Desa Pulaujaya, Bumiasri, dan Kalirejo.

Sebagai badan usaha untuk meningkatkan perekonomian desa, Rika juga mengharapkan kepada seluruh desa di Kecamatan Palas untuk dapat melaksanakan peningkatan SDM pengurus BUMDes.

“Ditahun ini harapan saya setiap desa dapat melaksanakan pelatihan peningktan SDM pengusrus BUMDes. Dengan begitu BUMdes akan bejalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan,” tutupnya. (vid)