Indeks Kesling Candipuro Meningkat

59
Shofyan – Pemegang program Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskemas Candipuro, menggelar sosialisasi lima pilar STBM, di balai desa setempat, Rabu (14/10).

CANDIPURO –  Puskesmas Candipuro melalui petugas pemegang program Kesehatan Lingkungan (Kesling) menggelar sosialisasi lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Karyamulya Sari, Rabu (14/10).

Petugas pemegang program Kesling Puskesmas Candipuro Eka Maya Sari mengatakan, kegiatan loka karya STBM di desa Karyamulya Sari itu, merupakan intervensi kesehatan lingkungan lanjutan oleh Puskesmas setempat.

“ Ya, hari ini kami melakukan loka karya STBM. Untuk meningkatkan pencapaian lima pilar STBM di Candipuro,” ujarnya kepada Radar Lamsel, kemarin.

Eka mengatakan, indkes pencapaian Kesling STBM di wilayah kerjanya itu, perlahan berangsur mengalami peningkatan. Dimana kata dia, sebagian besar desa di kecamatan Candipuro, diketahui telah ditunjang oleh sarana produksi sanitasi air yang dibiayai oleh pemerintah.

Selain itu, tingkat kesadaran masyarakat terkait prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tidak membuang air besar sembarangan (babs) pun semakin meningkat.

“ Sebagai indikator, setiap rumah di Candipuro telah memiliki jamban sehat dan prilaku masyarakat tentang PHBS pun semakin meningkat,” terangnya, meski Eka tidak menampik bahwa peningkatan indkes Kesling masyarakat dalam pengamanan sampah  dan limbah cair rumah tangga  masyarakat masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang berupaya dituntaskan.

Melalui loka karya itu, pihaknya berharap adanya satu komitmen bersama antar lintas sektoral di Kecamatan dan desa, untuk berperan aktif dan terus bersinergi melakukan edukasi kepada masyarakat melalui pendekatan STBM.

“ Harapan kami, semua persolan kesehatan masyarakat ini dapat terselesaikan, melalui sinergitas antar linsek di tingkat kecamatan dan desa,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan loka karya 5 pilar STBM, petugas Kesling Puskemas Candipuro Eka, Kepala Desa Karyamulya Sari Warno, petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perwakilan masyarakat sekitar.(CW2)