Ingatkan Agar Tertib Saat Berkendara

885
Agus Pamintaher – Kadishub Lamsel, Syukur Kersana menyerahkan tanda lalulintas kepada Kepala SMAN 1 Sidomulyo, Drs. Hidayatullah, saat sosialisasi UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Darat, Selasa (24/11).

SIDOMULYO – Tingginya angka kecelakaan lalulintas di jalan raya menyebabkan korbannya mengalami cacat permanen bahkan sampai meninggal dunia.
Untuk menghindari hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamsel dan Satlantas Polres Lamsel memberikan sosialisasi UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sidomulyo, Selasa (24/11).
Kepala Dishub Lamsel, Syukur Kersana turun langsung memberikan sosialisasi bersama Satlantas Polres Lamsel yang diwakili Ipda Yani. Nampak para peserta yang sebagian besar kelas XII, sangat antusias mendengarkan sosialisasi.
Syukur Kersana dalam pengarahannya, mengajak semua pelajar untuk senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Karena dengan mematuhi peraturan lalu lintas, selain dapat menjaga keselamatan diri sendiri, juga menjaga keselamatan orang lain.
“Sering kali terjadi kecelakaan di jalan raya, diakibatkan pengendara tidak taat pada rambu-rabu jalan serta peraturan lalu lintas yang ada. Apalagi banyaknya kecelakaan tersebut, ternyata banyak dari korbannya dari usia produktif seperti pelajar sekolah,”kata Syukur Kersana.
Mantan Kasat Pol PP Lamsel ini menambahkan, kecelakaan yang terjadi pada dasarnya korelasi dengan pelanggaran. Artinya, semakin banyak terjadi pelanggaran, maka semakin banyak terjadi kecelakaan. Begitu pula sebaliknya, semakin sedikit terjadi pelanggaran, maka sedikit pula terjadi kecelakaan.
“Mari kita bersama-sama menaati peraturan lalu lintas sebagaimana tercantum dalam UU. No. 22 Tahun 2009. Mari kita pakai helm yang benar dan sesuai standar SNI, menyalakan lampu pada siang hari, jangan belok kiri langsung serta patuhi marka jalan serta rambu-rambu yang ada,” pungkas Syukur.
Kepala SMAN 1 Sidomulyo, Drs. Hidayatullah mengatakan, ia sangat berterima masih dengan adanya sosialisasi UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Sehingga anak didiknya bisa mengetahui lebih banyak tentang cara berlalu lintas yang baik dan terhindar dari kecelakaan.
“Pesan saya kepada anak-anak, ini agar diikuti dengan sungguh-sungguh. Karena bagaimanapun, kita berlalu lintas itu telah diatur dalam UU dan semua warga negara wajib mentaatinya. Harapan saya, anak-anak didik kami tidak melanggar lalulintas dan dapat berkendara dengan baik,”harap Hidayatullah. (gus)

BACA :  PDP Berkurang, ODP Bertambah