Isi Hati dengan Harapan

593

Besok, 17 Agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa ini. Tepatnya 72 tahun silam para pejuang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) meraih kemerdekaan dari tangan penjajah.

Lalu seperti apa sih kemerdekaan dimata remaja saat ini, meski tak merasakan dan menyaksikan langsung perjuangan merebut kemerdekaan.

Dita Marantika sedikit mengutarakan pendapatnya soal kemerdekaan. Gadis kelahiran Kalianda 18 November 1993 ini mengatakan kemerdekaan baginya adalah mengisi hati dengan harapan.

“Menurut saya isi hati harus dipenuhi dengan harapan, segala macam harapan itulah yang nantinya bakal membahagiakan kita,” ujarnya kepada Radar Lamsel, Selasa (15/8) kemarin.

Freedom, lanjut dia, adalah kemerdekaan atau kebebasan. Maka tugas kita sebagai remaja haruslah merawat kemerdekaan tersebut. “Kebebasan jangan dikekang, jangan dibatasi sehingga warga merasakan benar arti kemerdekaan,” ujar Dita panggilannya.

Gadis berusia 24 tahun itu berharap pada perayaan HUT RI ke-72 ini dirinya bisa memenuhi keinginan-keinginan yang belum tercapai. “Skripsi misalnya atau pasangan kali ya,” ungkap mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI ini.

Baginya, moment kemerdekaan yang paling membekas adalah perlombaan 17an semasa kecil. Yang paling diingatnya tentu saja lomba makan kerupuk. “Siapa sih yang nggak pernah ikutan lomba makan kerupuk, saya harap lomba-lomba semacam itu tetap lestari selamanya,” kenangnya.

Intinya, lanjut muli asal Desa Batu Balak Kecamatan Rajabasa ini memaknai kemerdekaan juga harus melecut semangat. Sebab kata dia, dahulu kemerdekaan diraih dengan keringat, air mata serta darah. “Nggak adil dong sama pejuang kemerdekaan, kalau sekarang ini kita malas-malasan,” terangnya.

Sebelum menutup perbincangan, Dita beranggapan hati yang sudah terisi dengan baik akan mencapai puncak kemerdekaan sebagai seseorang yang benar-benar merdeka. “Seseorang merdeka bukan ditandai dengan tebalnya makeup, atau kekuatan otot. Melainkan tebalnya semangat dan kuatnya usaha,” tutupnya. (ver)

Biodata Muli

Nama : Dita Marantika

TTL : Kalianda 18 November 1993

Alamat : Desa Batu Balak Kecamatan Rajabasa

Cita-cita : Guru

Hobi : Membaca

Tipe Cowok Idaman : Cuek tapi romantis

Medsos : Ig Marantikadita

Kesibukan : Kuliah di Universitas Indraprasta PGRI

BAGIKAN