Jabatan Kepala Disdukcapil jadi Primadona

936
ILUSTRASI

Pansel Jadwalkan Uji Kompetensi Lelang Jabatan Hari Ini

KALIANDA – Panitia seleksi (pansel) lelang terbuka jabatan tinggi pratama (JTP) Kabupaten Lampung Selatan secara resmi menutup pendaftaran, Rabu (7/12) lalu. Selanjutnya, pansel akan menggelar uji kompetensi yang digelar hari ini.

Berdasarkan rekapitulasi dari pansel, dari 23 jabatan kepala dinas yang dilelang posisi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menjadi primadona dengan 11 pelamar. Sementara total pelamar mencapai 81 pejabat.

Kepala Sekretariat Pansel Akar Wibowo, SH mengungkapkan, para pejabat yang melamar berasal dari Kabupaten Lamsel maupun luar daerah. Dalam berkompetisi dalam lelang jabatan terbuka tersebut sekitar 32 orang yang mendaftar lebih dari satu jabatan.

BACA :  Pemkab Lamsel Berdayakan UMKM Produksi 150 Ribu Masker Kain

“Pendaftaran sudah kita tutup sesuai dengan yang telah dijadwalkan. Pendaftar terbanyak memang di Disdukcapil. Di posisi kedua terbanyak Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan delapan pelamar,”ungkap Akar diruang kerjanya, Kamis (8/12) kemarin.

Dia menambahkan, tahapan lelang selanjutnya adalah uji kompetensi yang akan digelar di Bandiklat Lamsel selama dua hari mulai hari ini. “Untuk pejabat yang melamar dua jabatan kepala otomatis akan ikut uji kopetensi selama dua hari,”imbuhnya.

Akar menjelaskan, uji kompetensi akan diberlakukan sistem gugur. Artinya, para peserta yang nilainya di bawah passing grade akan dinyatakan gagal dan tidak bisa melanjutkan untuk mengikuti tes berikutnya.

BACA :  Pemkab Lamsel Raih WTP Empat Kali Berturut -Turut

“Setiap jabatan Kepala SKPD maksimal akan kita sisakan tiga pendaftar. Selanjutnya, yang lolos uji kopetensi akan ikut tes wawancara dan pemaparan yang telah kami jadwalkan pada 14 Desember mendatang,”terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain pendaftar dari kalangan pejabat di lingkungan Pemkab Lamsel, terdapat delapan pendaftar yang berasal dari kabupaten/kota lain. Diantaranya, dari Kota Bandarlampung, Pemprov Lampung dan Kabupaten Mesuji.

“Pendaftar dari daerah manapun akan kami perlakukan sama. Jadi, tidak ada yang diistimewakan. Ini lelang terbuka dan nilai dari hasil uji kopetensi akan diketahui oleh para peserta,”pungkasnya. (idh)