Jadikan Taman Sekolah Sebagai Tempat Penelitian Siswa

499
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lamsel Drs. Anas Anshori, M.Si

KALIANDA – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lampung Selatan Drs. Anas Anshori mengimbau seluruh sekolah di kabupaten ini agar menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman melalui pengembangan taman sekolah.

Menurut Anas, memiliki taman sekolah yang indah dan asri secara langsung dapat memberikan dampak postif bagi warga sekolah, dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat praktek pendidikan serta penelitian tentang macam-macam fauna.

“Saya harapkan masing-masing sekolah bisa mengembangkan keberadaan taman sekolah dengan membudayakan cinta tanaman kepada seluruh siswa,” ujar Anas Anshori di ruang kerjanya, Kamis (14/9) kemarin.

Dikatakanya, dengan terjaga dan terawatnya taman sekolah juga dapat memberikan kesejukan di lingkungan sekolah itu sendiri. Sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi peserta didik sekolah saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas.

“Kalau tidak ada tanaman satupun di lingkungan sekolah, saya yakin anak didik bisa merasa tidak nyaman saat belajar. Karena kondisi lingkungan sekolah akan terasa gersang, jika tak ada satupun pohon penduh dilingkungan sekolah,” katanya.

Pengembangan taman sekolah dengan banyak menanami pohon pelindung, lanjut Anas, merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam rangka menjaga lingkungan hidup melalui kegiatan penghijauan.

“Kegiatan penghijauan itu tidak hanya dilakukan dengan menanam pohon di hutan saja. Tetapi dilingkungan sekolah dan tempat tinggal juga sangat penting dilakukan penghijauan. Ini untuk memberikan kenyaman sekaligus menjadikan lingkungan menjadi indah dan terasa asri,” pungkasnya. (iwn)