Jaga Kerukunan Antar Umat Bergama

470

PALAS – Pemuda Ansor dan Pemuda Katolik di Kecamatan Palas sama-sama komitmen menjaga keamanan dan ketertiban di bulan Sudi Ramadhan ini. Ini dilakukan untuk menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama diwilayah itu.

Ketua Pemuda Katolik Lampung Selatan Widi Wismoko mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kekhusyukan umat muslim dalam menjalakan ibadah selama bulan sudi Ramadhan.

“Kegiatan ini adalah sebuah bukti kerukunan antar umat muslim dan katolik di Kecamatan Palas,” kata Widi kepada Radar Lamsel, Selasa (22/5) kemarin.

Widi mejelaskan, kegiatan peningkatan keamanan tersebut dilakukan di enam desa di wilayah barat Kecamatan Palas antara lain, Desa Kalirjo,Bumidaya, Bumiasih, Bumirestu, Bumiasri, dan Pulaujaya. “Kegiatan ini dilakukan selama bulan puasa dengan melakukan penjagaan di setiap masjid untuk menjaga kemanan dari pencurian motor serta pembegalan,” tambahnya.

BACA :  Disiplin Kesehatan di Pasar Jadi Sasaran

Sementara itu Wakil Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Ansor Lampung Selatan Andi Hidayat menerangkan, alasan kegiatan tersebut dipusatkan di wilayah barat Kecamatan Palas, karena wilayah tersebut sangat rawan dari tindakan pencurian motor dan pembegalan.

“Selama ini wilayah barat Kecamatan Palas sangat rawan pencurian dan pembegalan, terlebih pada saat bulan puasa. Dengan danya kegiatan ini diharapkan dapat meredam tindakan tersebut,” terangnya.

BACA :  Pasal Sampah, Pengurus Pasar jadi Cibiran

Tidak hanya melibatkan Pemuda Ansor dan Pemuda Katolik, kegiatan tersebut juga melibatkan pemuda desa setempat. “Kami juga bersinergi dengan aparat desa dan pemuda desa, selain pengaman masjid juga dilakukan patroli desa” imbuhnya.

Disinggung apakah kegiatan tersebut juga termasuk dalam kegiatan antisipasi teroris. Andi menjawab kegiatan tersebut murni untuk mejaga keamanan dari tindakan pencurian dan pembegalan.

“Insyaalah tidak ada terorisme dan jangan sampai ada. Kegiatan ini untuk untuk memeberi rasa aman kepada masayarakat,” pungkasnya. (Cw1)