Jambi Belajar SERASI di Palas

70
David Zulkarnain – Jajaran Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi pada saat melakukan study tiru pelaksanaan program Serasi di Desa Pulau Jaya, Kecamatan Palas, Kamis (5/12).

PALAS – Keberhasilan pelaksanaan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) di wilayah Kecamatan Palas mulai mendapat perhatian dari dinas pertanian luar daerah Provinsi Lampung.

          Kemarin, Kamis (5/12) Dinas Tanaman Pangan Holtiklultura dan Peternakan Provinsi  Jambi mengunjung Desa Pulau Jaya untuk melakasanakan study tiru. Kedatangan rombongan sebanyak 30 orang  perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dari sembilan kabupaten  itu untuk mempelajari pelakasanaan program Serasi di Kecamatan Palas.

          Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Ir. Ahmad Mausul mengatakan, kunjungan study tiru ini memiliki tujuan untuk mempejari pelaksanaan program Serasi yang sudah berjalan di Provinsi Lampung, yaitu di Kecamatan Palas.

          “Dalam kegiatan study tiru ini kami mengajak perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dari sembilan kabupaten, Provinsi Jambi untuk mempelajari pelakasanaan program Serasi,” ujar Ahmad Mausul kepada Radar Lamsel di sela kegiatan tersebut.

          Ahmad Mausul menerangkan, sepereti di Lampung, Provinsi Jambi juga memiliki lahan rawa namun belum mendapatkan produksi yang bagus. Dimana dalam setahun hannya bisa melakukan satu kali musim tanam. Kedepannya produksi lahan rawa tersebut akan digenjot dengan program Serasi pada tahun 2021 mendatang.

BACA :  APBD untuk Lumbung Pangan Hanya Rp 42 Juta

          “Sama dengan Lampung, Provinsi Jambi juga memiliki lahan rawa, bahkan 30 ribu hektar. Namun belum seproduktif seperti di Lampung yang sudah bisa tanam dua kali dalam setahun,” ucapanya.

          Mausul melanjutkan, dalam kunjungan studi tiru tersebut robongan yang diusungnya mempelajari pelakasanaan program Serasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengelolaan.

          Tidak sampai disitu saja kedatangan rombongan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura dari sembilan kabupaten Provinsi Jambi itu juga untuk mempelajari sitem kerja pengelolaan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Tani Maju Desa Pulau Jaya.

          “Kami mempelajari mulai dari perencanaan hingga pengelolaan, karena Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi akan berupayan meningkat produksi lahan rawa melalui program Serasi pada tahun 2021 mendatang. Tidak hanya itu dalam kegiatan ini kami juga mempelajari pengelolaan UPJA Tani Maju,” tuturnya.

BACA :  Luas Lahan Persawahan Belum Valid

          Sementara itu Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Indiratmoko mengungkapkan, meski sektor pertanian di Lampung belum berhasil sepenuhnya. Namun selama ini program pertanian baik saran dan prasarana, mulai dari mencetak lahan hingga program Serasi semuanya sudah pernah berjalan.

          Itulah yang menyebabkan Provinsi Lampung banyak didatangi daerag lain untuk mempelajasi program program pertanian.

          “Untuk seluruh program pertanian di Provinsi Lampung semuanya sudah pernah berjalan, namun di provinsi lain belum ada. Harapan kami dari kujungan ini dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan pertanian di Jambi. Apalagi selama ini Jambi dan Lampung sudah lama menjadi kerjasama semacam ini,” harapnya. (vid)

BAGIKAN