Jamin Keamanan, 128 Personil Gabungan Disiagakan

629
Nyoman Subagio - Penjagaan keamanan di pelabuhan Bakauheni diperketat selama angkutan lebaran. Personil Polri dan TNI diterjunkan disejumlah titik dengan dilengkapi senjata laras panjang untuk mengamankan para pemudik yang tiba di pelabuhan Bakauheni.
Pemudik Mulai Ramai Lancar di Bakauheni, 32 Buah CCTV Ikut Memantau

BAKAUHENI – Memasuki H-4 hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, arus mudik angkutan lebaran di pelabuhan Bakauheni mulai ramai lancar. Pemudik dari Jakarta dan sekitarnya tujuan Lampung mulai berdatangan sejak pagi hingga sore hari.

Demikian juga sebaliknya. Pemudik dari Lampung yang menyeberang ke pulau Jawa melalui lintasan Bakauheni-Merak mulai terlihat meningkat dari hari sebelumnya.

Pantauan Radar Lamsel, Rabu (21/6) kemarin, pemudik yang menggunakan sepeda motor dan kendaraan pribadi turun dari kapal dari Merak, Banten tiba di pelabuhan Bakauheni mulai ramai sejak pagi hari. Bahkan jalan lintas sumatera (Jalinsum) dan jalan lintas timur (Jalintim) mulai padat dengan kendaraan pemudik yang hendak pulang kampung.

BACA :  Hamdalah, Lamsel Masih Nihil Corona

Pihak PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni memprediksikan akan terjadi puncak arus mudik pada 23 Juni 2017 atau H-2 lebaran. Penumpang jalan kaki dan pemudik yang menggunakan kendaraan dari Jawa akan tumpah di pelabuhan Bakauheni.

Untuk menjaga keamanan dan menyamanan para pemudik yang tiba di pelabuhan Bakauheni, pemerintah melalui instansi terkait menerjunkan sejumlah personilnya.

Keamanan pemudik yang melintasi pelabuhan penyeberangan Bakauheni benar-benar menjadi perhatian serius pihak PT. ASDP Indonesia Ferry dan Polres Lamsel tahun ini. Selain menempatkan sekitar 128 personil gabungan, keamanan seluruh penjuru pelabuhan juga diawasi 32 buah CCTV.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Eddy Hermawan mengatakan, untuk mengawasi aktivitas dikawasan pelabuhan, pihaknya memasang 32 kamera pengintai. “Kamera pengintai kita pasang dipusat-pusat keramaian, titik rawan dari ujung dermaga VII sampai ujung Dermaga VII,” kata Eddy, Rabu (21/6).

BACA :  Pilih Sekda Jangan Asal Dekat!

Diposko terpadu Polres Lampung Selatan yang berada samping ruang loket tiket penumpang jalan kaki, kepala Operasional Polres Lampung Selatan Kompol Ujang Puspita mengatakan, keamanan dan kenyamanan pemudik di pelabuhan Bakauheni dan dijalur mudik wilayah hukum Polres Lampung Selatan menjadi perhatian serius.

“Tidak hanya dari Polri, namun ada juga dari Pol PP, TNI dan Dinas Perhubungan yang membantu pengamanan di pelabuhan ini. Selain itu pengamanan juga diperkuat oleh anggota Brimobda,” ungkap Ujang.(man)