Jasmine Shahnaz Sosialisasikan Bahaya Kanker

876

SIDOMULYO – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Selatan, Jasmin Shahnaz mengingatkan kaum perempuan akan bahaya yang disebabkan oleh kanker leher rahim dan kanker payudara.
Untuk itu kaum perempuan di Lamsel diingatkan agar selalu mengecek kesehatannya ke dokter agar dapat meminimalisir potensi serangan kanker.
Hal itu disampaikannya ketika menghadiri Hari Ulang Tahun (Hut) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang digelar di Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sidomulyo, Selasa (24/5).
Jasmin mengatakan, pengetahuan kaum ibu terhadap masalah kanker leher rahim maupun kanker payudara harus sering disosialisasikan. “Kebanyakan para ibu memang masih awam akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh dua penyakit ini,” kata dia.
Angka kematian perempuan Indonesia juga didominasi oleh dua penyakit tersebut. Maka dari itu para ibu-ibu diminta untuk sering melakukan cek kesehatan dan selalu menjaga pola hidup sehat. “Kebersihan dan pola hidup sehat harus diutamakan agar dapat terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini,” ujar perempuan berparas cantik ini.
Dihadapan ratusan ibu-ibu yang menghadiri acara tersebut Jasmine juga magajak agar kaum hawa dapat mengesampingkan rasa malu untuk mengecek kesehatannya. “Periksa kesehatan sesering mungkin, jangan malu-malu. Agar tidak menyesal nantinya,” ingat dia.
Dalam acara yang dihadiri para ibu-ibu tersebut wanita berjilbab ini juga menyempatkan dirinya untuk mengecek kadar kolesterol dan gula darah kepada petugas medis yang mengadakan praktek di Puskesmas tersebut.
Jasmine juga mengucapkan selamat Hari Bidan Indonesia kepada seluruh bidan yang hadir dalam acara itu. Karena bidanlah yang bertanggung jawab mengawal 1.000 hari kehidupan pertama bagi bayi. “Tetap konsisten dalam mengawal 1.000 hari kehidupan bayi didunia,” ujar istri Bupati Lamsel ini.
Sementara itu Ketua IBI Lamsel Dwi Suprapti Ningsih M.Kes, mengatakan bahaya dua penyakit yang kerap kali menggangu para wanita ini. “Kanker leher rahim dan kanker payudara memang sangat rentan menghinggapi kaum wanita,” kata dia.
Dengan diadakannya sosialisasi masalah kanker ini diharapkan para wanita yang berada di Kecamatan Sidomulyo dapat memanfaatkan momen ini agar lebih memahami dua penyakit tersebut. “Para ibu agar memperhatikan penjelasan yang dipaparkan oleh pembicara, agar bisa terhindar dari bahaya kanker payudara dan kanker rahim,” pungkasnya. (ver)

BACA :  Implementasikan Sikap Bela Negara Jaga NKRI