Jatimulyo Kelola Sampah Dongkrak PADes

42
GAMBAR ILUSTRASI

JATI AGUNG – Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung memanfaatkan retribusi pembuangan sampah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa(PADes).

Kepala Desa(Kades) Jatimulyo Sumardi mengatakan pemanfaatan retribusi sampah dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) yang sudah berjalan satu tahun. “Alhamdulillah sudah berjalan satu tahun, memang baru beberapa dusun tetapi cukup menjanjikan hasilnya untuk meningkatkan PADes,” terangnya.

BACA :  Pelaku Usaha Diminta Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Ia menyampaikan, saat ini jumlah penduduk di Desa Jati Mulyo lebih dari 13 ribu jiwa dan sebagian sudah menggunakan jasa pengangkutan sampah tersebut. “Armada ada yang roda tiga, itu sebagian rumah di jatimulyo sudah menggunakan jasa itu,” tuturnya.

Dijelaskannya, tahun 2020 pihaknya akan menguatkan retribusi yang bersumber dari pengelolaan sampah tersebut. “Tahun ini akan kita maksimalkan, kalau bisa ada tambahan armada,” terang Sumardi.

BACA :  Terlalu Sempit, Warga Desak Pelebaran Jalan

Ia menambahkan, Setiap satu unit rumah ditarik retribusi Rp 10 Ribu setiap bulannya sehingga sangat membantu peningkatan PADes tadi. “Angkutnya seminggu dua kali, ya alhamdulillah masyarakat sangat antusias dengan program desa ini,” pungkasnya.(Kms)

BAGIKAN