Jelang Pilkades, Warga Serbu Pelayanan KTP dan KK

267
Kemas Yogi - Suasana pelayanan KK dan KTP di Balai Desa Banjarnegeri, Rabu (12/6).

NATAR – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kecamatan Natar, ratusan warga Desa Banjarnegeri berbondong-bondong mengurus Kartu Keluarga (KK) dan KTP melalui pelayanan kependudukan mobile di desa tersebut. 

Pj Kepala Desa (Kades) Banjarnegeri Agus Lani mengatakan, kendati kebanyakan masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan karena riak dari pilkades. Hal itu juga didasari oleh sulitnya warga mengurus dokumen itu dikarenakan jarak tempuh ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan yang jauh. “Antusiasnya memang luar biasa, tetapi sebetulnya bukan hanya karena Pilkades tapi juga karena jarak yang cukup jauh. Masyarakat harus ke Kalianda untuk membuat KTP dan adminitrasi lainnya,” tuturnya kepada Radar Lamsel, Rabu (12/6). 

BACA :  PT. MJM Garansi KomoditiProgram Sembako

Agus menambahkan, syarat mutlak untuk menjadi pemilih pada pilkades adalah kepemilikan atau terdaftar dalam KK membuat para calon kades memanfaatkan momentum tersebut. “Jadi memang banyak juga yang memanfaatkan momentum ini, bukan hanya banjarnegeri,” ucap dia. 

BACA :  Danramil Natar Usulkan Patroli Rutin

Pria yang juga Kasi Pemerintahan Kecamatan Natar ini mengaku sangat optimis jika partisipasi pemilih pada pilkades mendatang akan tinggi. “Jika melihat antusias saat ini, saya yakin partisipasi pemilih bisa mencapai 90 persen setiap desanya,” terangnya. 

Ia berharap, meski syarat mutlak menjadi pemilih pilkades adalah terdaftar atau memiliki KK agar pihak Disdukcapil lebih selektif dalam pembuatan KK. “Harus diperiksa dengan baik, jangan sampai ada yang memalsukan dokumen,” pungkasnya. (kms)