Jenggis Khan Haikal Banjir Aspirasi

121

KALIANDA – Anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan, Jenggis Khan Haikal kebanjiran aspirasi saat reses di Desa Pematang, Kecamatan Kalianda.

Aspirasi yang disampaikan warga kepada tokoh politik kabupaten ini antara lain, mendorong pariwisata desa agar lebih berkembang. Kemudian warga Desa Pematang juga mengharapkan peranan Jenggis sebagai wakil rakyat untuk membenahi infrastruktur jalan yang dinilai masih perlu banyak pembenahan.

“ Semua aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat akan kita dorong perwujudannya. Utamanya memajukan desa yang punya potensi wisata menjanjikan, seperti Desa Pematang yang punya potensi wisata Way Belerang. Lalu pengembangan UMKM juga dapat diterapkan sebab ada potensi untuk mempromosikan madu hutan yang digeluti oleh warga,” kata Jenggis kepada Radar Lamsel usai reses, Rabu (11/12).

BACA :  Tajimalela Bahas Pembangunan 2021

Upaya mendongkrak laju perkembangan wisata di Lampung Selatan, lanjutnya dapat dimulai dari tingkat desa. Karena, tidak semua desa di Lamsel punya potensi wisata yang menjanjikan. Oleh sebab itu dorongan untuk memajukan pariwisata desa perlu dibahas dan ditindaklanjuti.

“ Perlu ditindaklanjuti apa yang disampaikan warga. Apalagi ini murni keinginan warga untuk memajukan pariwisata. Nantinya, selain menjadi sumber pendapatan desa, sudah barang tentu mendukung program kepariwisataan di Bumi Khagom Mufakat ini,” jelasnya.

Masih kata Jenggis, faktor-faktor pendukung majunya wisata salah satunya keberadaan infrastruktur penunjang seperti jalan. Pada reses kali ini sebutnya, aspirasi warga dominan menginginkan jalan bagus.

“ Aspirasinya dominan ingin jalan desa, lingkungan agar diperhatikan pemerintah kabupaten. Selama jalan belum memadai, akan sangat sulit mendorong perkembangan pariwisata di Lamsel. Sudah bagus, warga (Pematang) telah membuka akses jalan menuju spot-spot wisata baru. Tinggal bagaimana Pemkab menangkap dan mewujudkan keinginan meraka untuk mengenalkan keparisataan Lamsel yang kaya. Di Pematang ini juga ada wisata religi, napak tilas ke puncak Gunung Rajabasa. Itu bisa diwujudkan ketika akses jalan sudah bagus,” ujarnya.

BACA :  Pasien Covid-19 Bertambah 4

Reses Anggota DPRD Lamsel Dapil Kalianda itu disambut hangat oleh warga Desa Pematang. Kepala Desa Pematang Edi Hamzah tampak mendampingi Jenggis Khan Haikal. Selain bertatap muka, reses itu juga dimanfaatkan untuk meninjau langsung keadaan jalan desa menuju spot wisata yang diyakini bakal menopang PADes jika kelak diwujudkan pembangunannya. (ver)