Kades Kalianda dan Rajabasa Dilantik Hari Ini

147
Kepala Bagian Otda Setdakab Lamsel Setiawansyah

KALIANDA – Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setdakab Lampung Selatan telah menjadwalkan pelantikan tahap awal terhadap 88 kepala desa (kades) terpilih. Rencananya, pelantikan akan digelar mulai Selasa (20/8) besok (hari ini’red) hingga Selasa (3/9) yang dibagi menjadi 11 titik lokasi.

Kepala Bagian Otda Setdakab Lampung Selatan Setiawansyah, A.P., M.Si mengungkapkan, pelantikan kades tahap awal bagi 88 desa itu merupakan yang sudah habis masa jabatannya dan saat ini dijabat oleh Pj Kades. Wilayah Kecamatan Kalianda dan Rajabasa akan menjadi yang pertama dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun.

“Kami sudah berkoordinasi langsung dengan Plt Bupati Nanang Ermanto. Beliau meminta untuk segera dilakukan pelantikan agar roda pemerintahan desa bisa berjalan maksimal. Jadwal pertama besok yakni 5 Kades di Kalianda bakal dilaksanakan di Balai Desa Sukatani dan 4 Kades wilayah Kecamatan Rajabasa akan digelar di Balai Desa Rajabasa,” ungkap Setiawan di Gedung DPRD Lamsel, Senin (19/8) kemarin.

BACA :  Sinyal Hipni - Alif Diaminkan

Dia melanjutkan, 88 kades yang bakal dilantik terdapat di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Khagom Mufakat ini. Meskipun secara rinci jadwal pelaksanaan pilkades telah disusun, imbuhnya, masih tetap menyesuaikan agenda kegiatan Plt Bupati jika terdapat kegiatan yang sifatnya mendesak.

“Mudah-mudahan dari jadwal yang sudah kita susun ini tidak ada agenda Pak Bupati yang sifatnya penting. Jadi, pelaksanaan bisa sesuai dengan perencanaan yang sudah kita tetapkan. Dalam satu hari kita jadwalkan dua titik lokasi. Satu titik di pagi hari yang dimulai pukul 08.00 WIB dan selanjutnya pada pukul 13.00 WIB,” imbuhnya.

BACA :  TB Care Aisiyah Dorong Perda Penyakit Menular

Selain prosesi pelantikan kades, jelas Setiawan, isteri kades juga bakal dilantik sebagai Ketua TP. PKK Desa dan Bunda PAUD oleh Ketua TP. PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto.

“Harapannya, para isteri kades ini paham akan tugas mereka sebagai pendamping kades. Jadi, mereka para isteri kades juga memiliki peranan penting dalam memajukan desanya. Terlebih, berbagai kegiatan yang bersumber dari DD melibatkan peranan wanita yang mesti dijalankan,” pungkasnya. (idh)

*NB : Jadwal Pelantikan Kades Terlampir di Tabel