Kades Kota Guring Mundur

56
Gambar Ilustrasi

RAJABASA – Kabar mengejutkan datang dari Desa Kota Guring, kecamatan Rajabasa. Ibrahim, yang sebelum menjabat sebagai kepala desa setempat telah menanggalkan jabatannya. Posisinya digantikan Pj. Kades (Penjabat Kepala Desa) yang dipegang oleh Aria Dony, salah satu staf yang berdinas di kantor Kecamatan Rajabasa.

Keduanya melakukan serah terima jabatan (Sertijab) di kantor Camat Rajabasa, Kamis (22/10/2020). Meski demikian, ada kabar yang turut menghiasi pengunduran diri Ibrahim sebagai orang nomor satu di Kota Guring. Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, ada dua isu yang merebak terkait pengunduran diri Ibrahim.

Pertama mengenai persoalan internal desa, kedua berkaitan dengan kesehatannya. Ihwal isu yang pertama, Pemerintah Desa Kota Guring disebut mengalami beberapa persoalan yang berhubungan dengan pembangunan. Beberapa kali juga aparatur desa setempat diultimatum Pemerintah Kecamatan Rajabasa agar menyelesaikan pekerjaan pembangunan yang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

BACA :  Gerdal POPT-Petani Antisipasi Perkembangan OPT

Persoalan lainnya, Pemerintah Desa Kota Guring disebut sering telat menyelesaikan urusan administrasi pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2018 dan 2019. Radar Lamsel menghubungi Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan Desa/Kelurahan Dinas PMD Lampung Selatan, M. Iqbal Fuad, S.STP untuk mengonfirmasi kebenaran kabar itu.

Namun Iqbal membantahnya. Menurut dia, Pemerintah Desa Kota Guring tidak memiliki masalah dalam laporan administrasi DD dan ADD tahun 2018 dan 2019. “Desa (Kota Guring) sudah menyampaikan laporan 2018, sama 2019,” katanya kepada Radar Lamsel.

BACA :  Gerdal POPT-Petani Antisipasi Perkembangan OPT

Berlanjut ke alasan kesehatan. Ibrahim disebut mengundurkan diri karena mengalami penyakit eksem. Atau pada istilah umum yang menggambarkan peradangan pada kulit. Kabar ini dibenarkan oleh Camat Rajabasa, Sabtudin, S.Sos saat dihubungi Radar Lamsel. Sabtudin tidak mengomentari pergantian Pj. Kades karena masalah administrasi.

“Iya memang Pj, karena kades lama mengundurkan diri dari jabatannya. Alasan kesehatan, kalau kata dokter mukanya (Ibrahim) kena eksem, gitu,” katanya. (rnd)