Kampung Baru Bangun Rabat Beton

14
Randi Pratama – Kepala Desa Kampung Baru, Effendi, didampingi Kaur TU dan Umum, Ashar, saat meninjau pembangunan jalan rabat beton di dsusun 2, desa setempat, Rabu (9/6/2021).

Realisasi Dana Desa Tahap I

 

PENENGAHAN – Pemerintah Desa Kampung Baru telah memulai pembangunan infrastruktur. Di tahap awal anggaran kali ini, pemerintah desa masih fokus terhadap jalan rabat beton. Sasarannya pun cukup bagus. Pembangunan ini direalisasikan di dusun 2, yang menjadi jalan penghubung.

Sejatinya, pembangunan jalan sepanjang 600 meter itu merupakan lanjutan dari tahun anggaran 2020 lalu. Prosesnya tidak bisa dilanjutkan karena anggaran infrastruktur dialihkan ke bantuan langsung tunai (BLT). Pemerintah Desa Kampung Baru pun merasa lega setelah proyek jalan itu bisa dilanjutkan lagi.

BACA :  Satu Kecamatan, Satu Smart Village

Jika tahun ini pembangunannya selesai, warga maupun masyarakat bisa tembus ke jalan provinsi, dan juga Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang merupakan jalan nasional. Tentunya pembangunan jalan itu sangat diharapkan oleh masyarakat karena bisa membuat mobilitas warga menjadi mudah.

Alhamdulillah, setelah menunggu, akhirnya bisa dilanjutkan pada tahun ini,” ujar Kaur TU dan Umum Desa Kampung Baru, Ashar, kepada Radar Lamsel, Rabu (9/6/2021).

Ashar, yang juga menjadi penanggungjawab kegiatan fisik di Desa Kampung Baru, mengatakan jalan rabat beton itu dibangun dengan volume panjang 252 meter, lebar 3,7 meter dan ketebalan 0,15 meter. Total anggaran dana desa (DD) yang digelontorkan sebesar Rp. 208.999.000,-.

BACA :  DPMDT Sokong Wifi Corner di Pasuruan

“Untuk tahun 2021, ada 3 jenis pembangunan, rabat beton, bak penampung air dan drainase,” katanya.

Kepala Desa Kampung Baru, Effendi, mengatakan dari ketiga pilihan itu, jajarannya mengutamakan pembangunan jalan rabat beton terlebih dahulu. Effendi menilai keberadaan jalan itu sangat vital. Selama ini banyak masyarakat yang mengeluh agar pembangunannya segera dilanjutkan.

“Maka pemdes memprioritaskan pembangunan rabat untuk tahap 1 ini. Di tahap selanjutnya, baru kita lanjutkan pembangunan yang lain,” katanya. (rnd)