Kandang Terbakar, Sapi dan Ayam Hangus Terpanggang

364
David Zulkarnain – Inilah sisa puing kandang ternak milik Maryani (52) Warga Dusun Banyuwangi, Desa Bumidaya, Kecamatan Palas yang ludes dilalap api pada Minggu (21/7) malam pekan kemarin, Senin (22/7).

PALAS – Sebuah kandang ternak milik Maryani (52) warga Dusun Banyuwangi, Desa Bumidaya, Kecamatan Palas ludes dilalap si jago merah, Minggu (21/7) malam. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun satu ekor sapi dan 25 ekor ayam hangus terpanggang api.

          Maryani menerangkan, kebaran tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Api diketahui telah membesar selepas ia pulang menghadiri tahlilan di rumah kerabatnya yang tak jauh dari kediamannya.

          “Api sudah membesar sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu saya baru pulang tahlilan dan api sudah membesar di kandang ternak yang berada di belakang rumah,” kat Maryani kepada Radar Lamsel, Senin (22/7).

BACA :  125 Hektar Sawah Terdampak Banjir Belum Tanam

          Maryani mengatakan, api diketahui berasal konsleting listrik di dalam kandang ternak berukuran 9 x 6 meter tersebut. Dalam peristiwa itu, satu ekor sapi dan 25 ekor ayam miliknya hangus terbakar.

          “Satu indukan tidak bisa diselamatkan, sementara anaknya berhasil dikeluarkan oleh warga. Selain itu 25 ekor ayam dan 4 ekor burung juga ikut terpanggang,” terang mayani.

          Lebih lanjut, Maryani menjelaskan, api berhasil dipadamkan oleh warga selam satu jam kemudian. Akibat peritiwa naas tersebut ia mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 30 juta. “Kandang seluas 9 x 6 meter hangus tidak tersisa. Akibat kebakaran ini kerugian yang saya alami hampir Rp 30 juta,” sambungnya.

BACA :  Ternak Ayam Tak Berizin, Beroperasi!

          Sementara itu, Pjs. Kepala Desa Bumidaya, Septa Oksal Gunawan mengungkapkan, pihaknya telah menyambangi peristiwa kebakaran tersebut. Ia juga mengatakan pihaknya akan mengupayakan untuk memberikan bantuan kepada korban kebakaran tersebut.

          “Sudah kami sambangi, kami juga akan mengajukan bantuan kepada dinas sosial untuk membatu warga kami yang tertimpa peristiwa kebakaran tersebut,” pungkasnya. (vid)