Kapolres Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

144
Foto Edy- Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.IK., S.H memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 yang dilaksanakan oleh Polres Pesawaran di lapangan apel Mapolres Pesawaran, Senin (28/10).
GEDONGTATAAN – Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.IK., S.H memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 yang dilaksanakan oleh Polres Pesawaran di lapangan apel Mapolres Pesawaran, Senin (28/10).
 
Pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tersebut diikuti para Pejabat Utama (PJU) Polres Pesawaran, diantaranya Wakapolres Pesawaran Kompol Handak Prakasa Qalbi, S.T.,M.H, kemudian para Kabag, Kasat, jajaran Kapolsek jajaran, perwira, bintara dan seluruh personil Polres Pesawaran dengan melibatkan 1 Peleton Perwira Polres Pesawaran, 1 Peleton Dalmas Sat Sabhara, 1 Peleton Sat Lantas, 1 Peleton Gabungan Staf, 1 Peleton Sat Reskrim, 1 Peleton Sat Intel, 1 Peleton Sat Narkoba, 1 Peleton Ba Polsek jajaran dan 1 Peleton PNS Polres Pesawaran.
 
Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.IK., S.H yang bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan amanat Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia Zainuddin Amali menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.
 
“Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema, “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” ujarnya.
 
Dikatakan, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun pada sisi yang lain, perkembangan tersebut mempunyai dampak negatif, dimana terdapat informasi-informasi yang bersifat destruktif, mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme yang juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.
 
“Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” papar Kapolres.
 
Selanjutnya Kapolres menyampaikan, tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan para pemuda, Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.
 
“Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia. Akhirnya, saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91 semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” tandasnya. (Esn)
BACA :  Tidak Lengkapi Pemberkasan, Satu CPNSD Dinyatakan Mundur