Karangtaruna Desa Kunjir Kelola Wisata Labuhansaka

848
Randi Pratama – Pantai Labuhansaka di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa. Foto kemarin.

RAJABASA – Hampir sepanjang wilayah Kecamatan Rajabasa memiliki potensi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Namun sayang, kawasan pesisir pantai di bawah kaki gunung Rajabasa ini belum dikelola dengan maksimal.

Melihat potensi itu, kelompok Karangtaruna Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa tergerak untuk mengelola pantainya agar menjadi tujuan wisata para wisatawan baik lokal dan luar daerah.

Karangtaruna Desa Kunjir memiliki inisiatif menyulap tanggul penangkis ombak menjadi sebuah tempat wisata yang cukup menarik. Pantai Labuhansaka yang dikelola pemuda pemudik Desa Kunjir menjadi salah satu tujuan wisata di desa itu.

BACA :  Menjabat Akhir Tahun, Awal Tahun Diganti

Menurut Ketua Karangtaruna Desa Kunjir Rudi Apriandi, tercetusnya nama Labuhansaka itu didapat dari saran warga setempat. Pada masa dulu, lokasi wisata Labuhansaka itu pernah dijadikan sebagai pelabuhan oleh masyarakat setempat. “Nama itu disarankan oleh warga dan para tetua disini,” kata Rudi Apriandi kepada Radar Lamsel, Minggu (16/7) kemarin.

Rudi melanjutkan, proses pengerjaan hingga biaya pembuatan Pantai Labuhansaka itu didapat dari kerja keras para mudi-mudi dan anggota Karangtaruna setempat. “Inisiatif para pemuda.Ya, kami hanya mengandalkan seadanya, yang mau ikut silahkan, tidak ya tidak apa-apa. Toh ini juga buat kebaikan bersama,” katanya.

BACA :  Masterplan Agrowisata Disetujui, Investor Dimudahkan

Sampai saat ini, lanjut Rudi, Pantai Labuhansaka itu masih dalam proses pengerjaan karena masih ada beberapa fasilitas yang belum tersedia. Namun hal itu belum bisa terlaksana karena terkendala masalah biaya. Untuk memenuhi kebutuhan biaya itu, Karang Taruna Desa Kunjir berinisiatif mengajukan proposal bantuan kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Lamsel.

“Kami akan coba ajukan proposal bantuan, semoga saja dinas yang terkait berkenan memberikan bantuan,” harapnya. (rnd)