Kecamatan Evaluasi Laporan DD dan ADD 

41
David Zulkarnain - Pemerintah Kecamatan Palas melakukan monitoring dan evaluasi penggunaan DD dan ADD di Desa Pematang Baru, Kamis (22/10).

PALAS – Pemerintah Kecamatan Palas mulai melakukan monitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) di 21 desa wilayah Palas.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Palas Suyadi mengatakan, kegiatan ini untuk memonitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa yang bersumber dari DD dan ADD.

“Pekan ini kita memang mulai melaksanakan monitoring dan evaluasi penggunaan DD atau ADD tahun 2020.  Dari awal tahun 2020 hingga sekarang,” ujar Suyadi memberikan keterangan kepada Radar Lamsel saat melakukan monotoring di Desa Pematang Baru, Kamis (22/10) sore kemarin.

BACA :  Harga Jagung Naik di Panen ke Tiga

Dalam monitoring ini pihaknya melakukan  mengevaulasi 12 dokumen yaitu, laporan realisasi DD tahap satu dan dua, laporan realisasi batuan BST, PKH, BPNT dan BLT DD. Kemudian  LPJ DD dan ADD, LPJ BLT DD gelombang pertama,  berita acara Musdesdus perubahan ABPDes, dan data convergensi stunting.

Kemudian mengevaluasi APBDes perubahan, dokumentasi pelaksanaan kegiatan, RAB alokasi DBH pajak, laporan pengelolaan dana BUMDes, data aset desa, serta proposal DD tahap ketiga.

“Evaluasi ini kita lakukan juga untuk mempercepat desa untuk mengajukan proposal pencairan DD tahap ke tiga. Sampai dengan saat ini sudah ada 17 desa yang sudah kita monitori dan evaluasi,” ungkapnya.

BACA :  Diingatkan akan Ancaman Banjir

Sementara itu Camat Palas Rika Wati, S.STP, MM menjelaskan sampai dengan saat sudah ada enam desa yang sudah mengajukan proposal pencairan DD tahap ke tiga ke Dinas PMD. Ke enam desa tersebut yaitu, Tanjungjaya, Tanjungsari, Bangunan, Baliagung, Bumirestu, dan Desa Bumidaya.

“Sudah enam desa yang mengajukan proposal pencairan. Harapan pada Oktober ini semua desa sudah mengajukan proposal pencairan DD tahap ke tiga sehingga program kegiatan cepat berjalan,” harapnya. (vid)