Kecamatan Way Lima Siaga Hadapi Corona

20
UPT Puskesmas Kota Dalom melakukan kampanye nasional penerapan protokol kesehatan.
WAY LIMA – Waspada terhadap zona merah Covid-19 di Kabupaten Pesawaran, Pemerintah Kecamatan Way Lima menggelar rakor bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TG-TPP) Covid-19 Kecamatan Way Lima, di Desa Tanjung Agung, Rabu (18/11).
Ketua TGTPP Covid-19 Kecamatan Way Lima, Syukur Saliyak mengatakan, mulai dari peningkatan pengawasan terhadap warga dari luar daerah yang masuk ke Kecamatan Way Lima serta penegakan disiplin protokol kesehatan dan woro-woro memberikan himbauan kepada masyarakat sudah dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.
“Mengantisipasi warga kita kalau ada yang pulang dari luar daerah sekiranya ada gejala segera di komunikasikan bersama tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kecamatan Way Lima untuk segera dilakukan pemeriksaan kesehatan. Kita juga harus meningkatkan penegakan protokol kesehatan di masyarakat, khususnya di Kecamatan Way Lima,” ujar Syukur.
Syukur mengatakan, untuk posko isolasi yang berada di desa sudah tersedia, sehingga warga desa dari luar daerah atau yang terpapar virus Corona atau Covid-19 dapat segera mendapatkan penanganan dan di isolasi secara mandiri.
“Hampir setiap desa sudah ada ruang isolasi. Namun, jika ingin di isolasi dirumah dengan keluarga nya juga tidak masalah atau dirumah sakit juga bisa. Tapi desa sudah sediakan, termasuk relawan Covid-19 dan bidan di setiap desa siap siaga di lapangan,” ucapnya.
Dilain pihak, Kapolsek Kedondong, AKP Amin Rusbahadi menghimbau kepada seluruh kepala desa agar membantu memonitoring warga desa dalam penerapan protokol kesehatan, agar di Kecamatan Way Lima terhindar dari virus Corona atau Covid-19.
“Tolong di jaga warganya terutama dalam disiplin protokol kesehatan melakukan 3M dan menghindari kerumunan sesuai dengan maklumat Kapolri agar di kecamatan Way Lima terhindar dari virus Corona atau Covid-19,” tegasnya.
Sementara, Kepala UPT Puskesmas Kota Dalam, Joko Suhartono mengatakan pentingnya melaksanakan 3M yaitu mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak bagi masyarakat agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19.
“Kita sudah melakukan dan melaksanakan 3M di masyarakat, tapi kembali lagi ke diri kita masing-masing sadar akan pentingnya protokol kesehatan. Kita sampaikan kemasyarakat, seperti menggunakan masker itu untuk meilindungi diri kita dan keluarga agar terhindar dari virus corona atau Covid-19” tuturnya.
Selain itu, Joko menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19 dan patuh pada anjuran pemerintah dengan disiplin menegakan protokol kesehatan melakukan 3M.
“Kita harus tetap waspada apalagi saat ini di Kabupaten Pesawaran sudah dalam zona merah, kami menghimbau agar warga patuh apa yang sudah di anjurkan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak (3M),” pungkasnya. (eggy/esn)
BACA :  Pemerintah Kecamatan Way Lima Gelar Apel Siaga Bencana