Kementerian Pertanian Beri Bantuan Revitalisasi Embung

42
Ilustrasi Embung
GEDONGTATAAN – Untuk mendukung percepatan tanam di wilayah Negerikaton, Kementerian Pertanian melalui upsus pajale berikan bantuan stimulan revitalisasi embung di Desa Lumbirejo Kecamatan Negerikaton.
 
“Embung ini sudah ada sejak tahun 80 an. Dan sekarang pengerjaannya. Karena memang embung ini sebagai sumber air untuk mengairi sekitar 200 hektar sawah di wilayah sini,” ungkap Ketua Kelompon Tani Manunggal Jaya Desa Lumbirejo, Sarmin, kemarin.
 
Dikatakan, tim upsus Pajale Kementerian Pertanian melaksanakan survey sekitar Agustus lalu. Dimana revitalisasi embung diperkirakan memakan waktu sekitar 10 hari.
 
“Bantuan yang diberikan berupa tunai sekitar Rp 21 juta untuk revitalisasi embung ini,” ucapnya.
 
Selain itu, selain dikerjakan secara swadaya, Dinas Pertanian Provinsi juga meminjamkan alat berat untuk membantu percepatan revitalisasi embung tersebut. Dimana embung dengan luas sekitar 1 hektar tersebut memiliki kedalaman sekitar 4 meter.
 
“Bahkan kalau bagian tengah sampai 12 meteran mas. Dan dalam pelaksanaannya juga kami diawasi oleh tim upsus Kementerian Pertanian dan nanti kita juga akan menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada Kementerian,” jelasnya.
 
Diakuinya, untuk mengairi sawah di wilayah Lumbirejo dan sekitarnya nanti akan menggunakan pompanisasi. Dan saat ini untuk pompanisasi diberikan bantuan pinjaman pompa dari provinsi.
 
“Selain Pesawaran, Lampung Timur, dan Lampung Selatan juga mendapat bantuan. Kita juga sudah mengusulkan bantuan pompanisasi ke Kementerian Pertanian,” pungkasnya. (Rus)
BACA :  Pemkab Pesawaran Anggarkan Pembangunan Jembatan Gantung di Desa Tanjung Kerta
BAGIKAN