Kementerian Sosial Perluas Kartu Keluarga Sejahtera

135
Yulizar - Kepala Dinas Sosial
GEDONGTATAAN – Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran kembali merealisasikan penambahan jumlah penerima program sembako di Kabupaten Pesawaran, yang sebelumnya sekitar 6.000 menjadi 8.318 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran, Yulizar mengatakan, jumlah total perluasan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk KPM Program Sembako di Kabupaten Pesawaran diantaranya Kecamatan Negeri Katon sebanyak 1.486 KPM, Gedongtataan 1.344 KPM, Teluk Pandan 537 KPM, Punduh Pidada 338 KPM, Way Ratai 684 KPM, Marga Punduh 374 KPM, Padang Cermin 582 KPM, Way Lima 778 KPM, Kedondong 650 KPM, Way Khilau 426 KPM dan Tegineneng 1.119 KPM .
“Penambahan sekitar 2 ribu KPM ini merupakan perluasan dari penerima Program Sembako atau yang dulu dikenal sebagai Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” Ujar Kepala Dinas Sosial, Yulizar saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (09/6).
Ditambahkan Yulizar, program sembako yang akan diterima KPM bukan berbentuk uang tunai, melainkan berupa bantuan langsung yang akan ditransfer ke rekening penerima KPM oleh pihak bank yang menjadi mitra Kemensos dalam penyaluran bansos yang nantinya akan ditukarkan di E-Warung berupa sembako.
“Setiap KPM perluasan program sembako (BPNT) yang merupakan program regular Kemensos akan mendapatkan bantuan sosial setiap bulan sebesar Rp 200 ribu hingga bulan September 2020 melalui rekening KPM, yang nantinya untuk ditukarkan di E-Warung berupa beras, telur, buah dan kacang kacangan,” ucapnya.
Sementara itu, imbuhnya, KPM yang mendapatkan perluasan ini sudah masuk basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos dan dari total 40.558 bantuan yang ada, sudah terealisasi sekitar 70% di Kabupaten Pesawaran.
“Data perluasan KPM itu sudah masuk data BDT Kemensos, jika ada data baru terkait warga miskin, maka prosedurnya harus melalui desa untuk di input ke data miskin desa, lalu ke data Kecamatan dan selanjutnya akan kami onlinekan ke Kemensos. Semua itu harus ada blankonya seperti berita acara musyawarah desa (Musdes). Untuk seluruh bantuan yang ada sebanyak 40.558 bantuan, sementara yang sudah terealisasi sekitar 70% di Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya. (eggy/esn)
BACA :  DPD PAN Pesawaran Buka Pendaftaran Calon Ketua Formatur Musda