Kepala OPD No Santai-Santai!

78
Diskominfo Lamsel – Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto memimpin rakor bulanan jajaran pejabat Pemkab Lamsel di Aula Krakatau Kantor Bupati Lamsel, Kamis (16/1) kemarin.

KALIANDA – Capaian kinerja pada Tahun Anggaran (TA) 2019  yang merosot, menjadi salah satu pemicu semangat untuk berbenah bagi jajaran Pemkab Lampung Selatan. Inovasi serta terobosan baru wajib dimiliki para pejabat khususnya Kepala OPD untuk mengejar semua ketertinggalan agar lebih baik di Tahun 2020 ini.

 Penegasan ini disampaikan Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto saat memimpin rapat koordinasi rutin bulanan, untuk mensingkronisasi serta mengkoordinasikan program kerja, di Aula Krakatau Kantor Bupati Lamsel, Kamis (16/1) kemarin.

Orang nomor satu di kabupaten ini, tidak ingin melihat jajaran pejabat khususnya Kepala OPD bekerja hanya untuk sekedar menggugurkan kewajiban semata. Sehingga, program pembangunan yang dilaksanakan hanya sebatas pengulangan pada tahun sebelumnya.

 “Kepala OPD saya minta untuk berinovasi dan mencari terobosan baru dalam melaksanakan programnya. Sehingga apa yang dilakukan tidak monoton atau hanya sekedar menggugurkan kewajibannya saja. Capaian target di 2019 lalu tidak terlaksana dengan baik, di Tahun 2020 ini harus baik,” tegas Nanang saat membuka kegiatan tersebut.

BACA :  KPK Tahan Hermansyah Hamidi

Dia menambahkan, rakor rutin ini memang sengaja dilaksanakan setelah melakukan pelantikan sejumlah posisi Kepala OPD yang kosong. Dengan begitu, ini menjadi pijakan awal untuk melangkah menuju target yang lebih baik.

“Kekosongan jabatan sudah di isi. Saya minta segera lakukan tugas, jangan menunggu. Tuntutan kita bukan hanya pekerjaan seremonial saja yang hanya menggugurkan kewajiban,” tambahnya.

Selain untuk tidak hanya sekedar melaksanakan tugas yang sudah menjadi rutinitas, lanjut Nanang, dia juga meminta kepada Kepala OPD untuk merubah pola kerja, pola pikir serta peningkatan kinerja. Sehingga target kerja yang ditetapkan dapat tercapai dengan baik. 

BACA :  Satukan Persepsi Bahas Pasar Bumirestu

“Seluruh Kepala OPD, terutama yang baru menerima SPT untuk segera menyesuaikan diri dalam pelaksanaan tugas masing-masing. Tentunya, sebagai pimpinan pada satuan kerja harus bisa mengarahkan jajaran dibawahnya yang menjadi ujung tombak dalam melaksanakan program kegiatan,” lanjutnya.

Politisi PDIP ini juga menekankan, jajaran Kepala OPD untuk dapat meningkatkan disiplin para stafnya. Sebab menurutnya, disiplin merupakan salah satu kunci sukses dalam pencapaian target kerja yang ditetapkan.

“Tidak ada lagi santai-santai. Kita harus mampu menjawab tuntutan perkembangan dan percepatan. Disiplin merupakan kunci dasar. Apa tanggung jawab kita sebagai pemimpin untuk kabupaten Lampung Selatan. Saya ingin di 2020 kita lebih semangat lagi. Semangat dengan kinerja disiplin yang lebih baik,” pungkasnya. (idh)