Kerusakan Makin Jadi Dilewati Truk

132
Randi Pratama – Kerusakan yang terlihat di badan jalan di lingkungan 04, Keluarahan Way Urang, Kecamatan Kalianda. Foto dibidik Kamis (16/1/2020).

KALIANDA – Jalan di lingkungan 04, Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda mengalami kerusakan. Pekerjaan peningkatan jalan yang menelan biaya APBD sebesar Rp197 juta lebih itu rusak di beberapa titik. Pantauan Radar Lamsel, Kamis (16/1/2020), jalan yang terletak tepat di samping rumah makan Kurnia Baru ini mengalami keropos di bagian sisinya.

 Kemudian kerusakan yang paling jelas terletak di bagian badan jalan. Lapisan aspalnya hancur. Kemudian ada juga bagian-bagian yang bergelombang. Bagian sisi aspal tepatnya yang bersentuhan dengan bahu jalan sangat empuk. Aspalnya mudah dikelupaskan menggunakan tangan kosong.

BACA :  Mediasi Buntu, Lanjut Ajudikasi

Menurut warga yang tinggal di lingkungan setempat, kerusakan jalan yang dikerjakan CV. Rido Sejahtera itu disebabkan oleh kendaraan yang bermuatan beban berat. Jalur tersebut digunakan kendaraan semacam truk dan pickup karena banyak pembangunan rumah milik warga di lingkungan itu.

“Rusaknya baru dua mingguan,” kata salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya kepada wartawan ini.

  Selain beban berat kendaraan, ada hal lain yang membuat jalan itu mudah rusak. Menurut pria yang memiliki postur badan agak gemuk berkulit sawo matang, kerusakan dipicu komponen material yang digunakan untuk membangunan jalan tersebut. Dia mengatakan jika pembangunan jalan itu tidak dionderlagh.

BACA :  Maraknya Sejak Lama, Pekan Depan Baru Ditinjau

 “Dari awal saya lihat. Setahu saya sih enggak. Mungkin beda ceritanya kalau dionderlagh dulu. Kalau udah (oderlag) kan bisa dihalusin,” katanya.

 Dikonfirmasi, Kepala UPT Pengujian Konstruksi Bangunan Kalianda-Rajabasa, Munadi, S.T sudah menerima laporannya, Munadi mengatakan bahwa pengawas proyek jalan di lingkungan 04, Kelurahan Wayurang itu sudah melapor kepada rekanan untuk dilakukan perbaikan secepatnya.

 “Kami sudah minta pengawasnya supaya disampaikan kepada rekanannya. Karena perbaikannya selama tiga bulan ke depan masih tanggung jawab mereka,” katanya. (rnd)