Kodim Bentuk Mitra Babinsa

2805
Komandan Kodim 0421 Lampung Selatan Letkol Inf I Ketut Mertha Gunarda

KALIANDA – Kodim 0421/Lampung Selatan membentuk Mitra Babinsa di wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan Pesawaran. Hal ini dalam rangka membantu tugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) di setiap desa yang hingga kini belum bisa dijangkau oleh TNI.
Komandan Kodim 0421/Lampung Selatan, I Ketut Mertha Gunarda mengatakan, pembentukan Mitra Babinsa tidak ada kewajiban dari Komando yang diatas. Namun hal tersebut dilakukan untuk membantu tugas Babinsa yang ada di lapangan dengan jumlah Babinsa yang sangat terbatas.
“Kita belum bisa menjangkau satu Desa satu Babinsa, makanya kita bentuk Mitra Babinsa yang ada di setiap Desa. Untuk sekarang ini hanya ada 200 Mitra Babinsa di dua Kabupaten. Harapan kita, semua Desa yang ada di Lampung Selatan dan Pesawaran akan kita bentuk Mitra Babinsa,”kata I Ketut Mertha Gunarda, Minggu (20/12).
Dalam rangka Hari Kartika Juang memperingati perjuangan Ambarawa. I Ketut Mertha Gunarda menambahkan, mitra TNI diajak untuk berlatih menembak. Kegiatan tersebut, menunjukkan bahwa TNI bersama rakyat dan tanpa rakyat, TNI bukan apa-apa.
“Sebagai wujud dari kepedulian kita terhadap rakyat dan ingin dekat dengan rakyat. Kita jalin kebersamaan antara TNI dan Mitra TNI melalui latihan menembak. Harapan kami, dalam menjalankan tugasnya di Desa, Mitra TNI bisa membantu tugas Babinsa dalam memberikan informasi ataupun laporan,”imbuhnya.
Terpisah, Warto (35) Mitra TNI di Kecamatan Way Panji mengaku, kepercayaan yang diberikan kepadanya akan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab. Sebagai Mitra TNI ia akan selalu berkoordinasi dengan Babinsa dalam setiap kegiatan yang ada di Desa.
“Saya dipercaya menjadi Mitra TNI dan akan bekerja dengan sebaik mungkin. Memang untuk di tempat kami, Babinsa membawahi dua desa dan ini tentu saja sangat terbatas jangkauannya. Mudah-mudahan apa yang menjadi tugas kami dalam membantu Babinsa bisa terlaksana dengan baik,”kata Warto. (gus)

BACA :  Aktifkan Kader Jumantik Siasati DBD
BAGIKAN