Kolaborasi PDAM-BSM: Bayar Tagihan Air Online

36
Randi Pratama – Direktur PT. PDAM Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi KM, S.Sos bersama Kepala Area Manager Syariah Mandiri Bandar Lampung, Habiburrahman, menunjukkan dokumen MoU kerja sama pembayaran tagihan air secara online, Kamis (3/12/2020).

KALIANDA – PT. PDAM Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan resmi menjalin kerja sama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM). Kerja sama yang dihasilkan kedua perusahaan ini adalah pembayaran tagihan rekening pelanggan air minum secara online melalui bank tersebut.

Kesepakatan antara kedua belah pihak ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Direktur PT. PDAM Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi K.M, S.Sos bersama Kepala Area Manager Syariah Mandiri Bandar Lampung, Habiburrahman, yang berlangsung di kantor PDAM, Kamis (3/12/2020).

Rudi Apriadi kerja sama tersebut semakin memberikan kemudahan. Pelanggan tak perlu repot-repot ke kantor PDAM lagi untuk melakukan transaksi manual. Pelanggan yang sudah terdaftar sebagai nasabah BSM hanya perlu menggunakan aplikasi Mandiri Syariah Mobile yang ada di PlayStore.

“Admin bank dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi, tapi dengan syarat harus menjadi nasabah BSM,” katanya kepada Radar Lamsel.

Saat ini PDAM Tirta Jasa memiliki 7.100 pelanggan dari 6 kecamatan yang dilayani 2 cabang, dan 6 unit. Rudi berharap kerja sama antara keduanya bisa menghasilkan pelayanan yang lebih baik ke depannya. Karena, kata dia, pelanggan telah diberi pilihan yang menguntungkan di masa pandemi Covid-19.

BACA :  Subyek Gugatan Mengerah ke KPU, BBHAR Optimistis

“Biasanya pelanggan pembayaran mencari yang terdekat, tapi sekarang ini bisa dilakukan lewat telepon pintar dengan aplikasi,” katanya.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan pihaknya masih mengupayakan penambahan pembayaran online melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain. Salah satunya melalui gerai-gerai toko retail ternama yang sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Insyaallah nanti ada penambahan lagi. Kemungkinan awal tahun 2021 karena masih proses penyesuaian. Ada beberapa tarif kelompok,” katanya.

Kepala Area Manager Syariah Mandiri Bandar Lampung, Habiburrahman, mengatakan pihaknya menyambut baik adanya kerja sama ini. Menurut dia, sistem pembayaran melalui aplikasi Bank Syarian Mobile akan disiapkan secepatnya, dengan estimasi paling lambat pekan depan.

BACA :  Setop Kumpul-kumpul, Vaksinasi Dimulai

“Jadi pembayaran ini kami buat bervariasi, bisa melalui teller. Bisa lewat ATM atau melalui mobile banking,” katanya.

Habiburrahman yang didampingi Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Kalianda, Ahmad Muzakkir, melanjutkan saat ini ada 27 ribuan nasabah Bank Syariah Mandiri Kalianda yang tersebar di kecamatan Bakauheni, Sidomulyo, dan Jati Agung yang mendapat fasilitas dari PDAM Tirta Jasa.

Namun yang baru menggunakan mobile banking saat ini hanya ada 2.880 nasabah. Meski demikian, Habiburrahman menyadari pentingnya peran serta pelayanan air bagi konsumen untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Menurutnya, satu hari saja air tidak mengalir maka banyak masyarakat yang mengeluh.

“Ini komitmen bersama bagi kami dan PDAM untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Dengan adanya kerjasama ini tentu akan memudahkan para nasabah untuk dapat membayar tagihan air setiap bulan,” ucapnya. (rnd)