Kondisi GAK Baik-baik Saja

122

radarlamsel.com, RAJABASA – Pihak Pos Pemantau memastikan kondisi Gunung Anak Krakatau (GAK) baik-baik saja. Masyarakat diminta tak terlalu mempercayai kabar berita yang menyebut gunung berapi aktif itu memiliki aktivitas berlebihan. Belum lagi kabar erupsi yang membuat resah masyarakat.

Kepala Pos Pemantau GAK Hargopancoran, Andi Suwandi, mengatakan kegiatan GAK telah menurun. Begitu pula dengan kondisinya yang berangsur normal. Andi menyebut kegiatan di tubuh GAK tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat.

“Insyaallah, aman. Yang penting ikuti rekomendasi kita untuk tidak mendekati GAK dalam radius 2 kilometer,” katanya saat dihubungi radarlamsel.com, Kamis (2/1/2020).

BACA :  Jalan Jebol di Kecamatan Rajabasa Belum Diperbaiki

Berdasarkan laporan (VAR) Volcanic Activity Report, kondisi meteoroligi GAK dalam keadadaan cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah timur laut, timur, dan barat daya. Suhu udara 25.6-29.7 celsius dan kelembaban udara 43-55 persen.

Dari pengamatan visual, gunung jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah teramati putih kelabu tebal tinggi 500-1000 meter dari puncak kawah. Visual cctv kawah tertutup abu vulkanik.

BACA :  Tapping Box Bukan Pajangan! 

Dan status kegempaan mengalami letusan dengan jumlah 8, amplitudo 27-45 mm, durasi 35-93 detik. Hembusan berjumlah 8, amplitudo 3-38 mm, durasi 7-109 detik. Kemudian tremor harmonik berjumlah 1, amplitudo 10 mm, durasi 26 detik).

Kemudian low frekuensi dengan jumlah 1, amplitudo 6 mm, durasi 8 detik. Tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-30 mm (dominan 15 mm).

“Untuk keterangan lain masih nihil. Tingkat aktivitas GAK level II atau waspada,” katanya. (rnd)