Korps Marinir Gelar Lomba Binsat 2019

147
Foto Edy - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Danbrigif Marinir 4/BS Kolonel Ahmad Fajar melepas peserta lomba renang.
PADANGCERMIN – Brigade Marinir 4/BS menggelar lomba renang dan dayung untuk meningkatkan uji terampil prajurit kesatuan Marinir yang dipusatkan di pantai Marine Eco Park Brigiade Marinir 4/BS Piabung Kecamatan Padangcermin pada Sabtu (26/10).
 
“Melalui kegiatan ini saya ingin melihat bagaimana pembinaan satuan (Binsat) dalam membina disiplin, ketangkasan, keterampilan, kemampuan selama satu tahun yang telah kita sosialisasikan,” ungkap Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji saat diwawancai disela kegiatan lomba pada Sabtu (26/10).
 
Dikatakan, lomba renang dan dayung Binsat Korps Marinir 2019  merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke 74 Korps Marinir TNI AL. Dimana lomba tersebut merupakan Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir tahun 2019.  
 
“Termasuk untuk memupuk semangat, disiplin dan profesionalisme serta membina atlet-atlet marinir. Dan mengajak masyarakat untuk mencintai olahraga air,” ucapnya.
 
Selain itu, lanjut Siwi Sukma Adji, rangkaian HUT Ke-74 juga digelar festival kelagian. Dimana tujuan digelarnya festival kelagian dimaksudkan untuk membangun kegiatan ekonomi kreatif, budaya dan seni. Sehingga masyarakat Lampung memilki destinasi wisata unggulan dalam aspek maritim.
 
Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan apresiasi atas kegiatan lomba renang dan dayung serta festival kelagian tersebut.
 
“Saya sampaikan apresiasi, saya lihat begitu kompak dan gagah. Dan itulah cerminan angkatan TNI kita. Insya Allah tahun depan saya akan membantu untuk lebih meningkatkan lagi perhatian di tingkat nasional,” ujarnya.
 
Menurutnya, kedepan akan melibatkan Angkatan Udara, Angkatan Darat dan Kepolisian pada agenda rutin yang digelar TNI Angkatan Laut. Kemudian melalui kegiatan tersebut mendorong sisi pariwisata di Provinsi Lampung.
 
“Kegiatan lomba renang, dayung bahkan nanti bisa jetski bisa dijadikan agenda rutin antara Brigif, TNI AL bersama kegiatan HUT Provinsi Lampung yang dikemas dalam festival kelagian atau festival krakatau hingga level nasional,” pungkasnya.
 
Diketahui, kegiatan lomba yang dihadiri para petinggi dijajaran Marinir dan TNI AL serta para pejabat dan Forkopimda Lampung ini, para peserta lomba berenang dan mendayung mengelilingi Pulau Kelagian. Yang diikuti sekitar 1.067 peserta lomba renang dengan rute mengelilingi Pulau Kelagian dengan finish di Pantai Marine Eco Park dalam jarak 10.000  meter. Dimana untuk Lomba Renang  bukan merupakan lomba renang per orangan  akan tetapi  lomba tim, untuk satu tim terdiri dari  sembilan personel yang terbagi 7 atlet dan 2 cadangan.
 
Sedangkan,  untuk lomba dayung para peserta  berlomba mendayung dengan menggunakan Perahu Karet dengan jarak 20.000 (dua puluh ribu ) meter dengan rute mengelilingi Pulau Kelagian. Dan satu tim terdiri 10 personel yang terbagi 8 atlet 2 cadangan. Dan pada lomba dayung  diikuti 49 tim dari satuan-satuan Korps Marinir.  Selain itu  diadakan juga Lomba Renang Eksibisi. Dimana lomba renang dengan route khusus ini diikuti oleh para pejabat TNI, POLRI, Pejabat Utama Korps Marinir dan perwira Korps Marinir. Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han) dan Ny. Etta Suhartono ikut dalam renang dengan jarak  6000 meter. (Esn)