Kota Kalianda Diwacanakan Jadi Waterfront City ‎

1549
Ilustrasi

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus berupaya mewujudkan wilayah perkotaan yang berbasis pariwisata. Hal ini tergambar dalam rapat pembahasan konsep awal masterplan Kota Kalianda dan sekitarnya, Rabu (21/10).

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setdakab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono mengungkapkan, Pemkab Lamsel rencananya akan membangun Water Pront City (Kota yang menghadap ke Pantai). Kini, pihaknya tengah mempersiapkannya untuk mewujudkan hal tersebut.

“Maka, sepanjang pesisir pantai di wilayah Kabupaten Lamsel khususnya Kota Kalianda ini harus kita jaga kelestarianya. Agar hal ini bisa kita wujudkan, menjadikan Kota Kalianda yang indah,”ungkap Erlan melalui sambungan telepon, usai rapat.

BACA :  Hanura Belum Jatuhkan Rekomendasi

Dia menjelaskan, konsep dari water front City adalah seluruh perumahan diwajibkan menghadap ke pantai atau laut. Nantinya, disana akan dibuatkan jalan khusus bagi para pejalan kaki.

“Kita koordinasi dengan seluruh SKPD yang berkaitan dengan hal ini. Supaya pembangunannya lebih terarah. Supaya harapan kita membangun wilayah perkotaan bisa terwujud,”terangnya.

BACA :  Pelayanan Publik Lamsel Jadi Rujukan Rejang Lebong

Selain menjaga kelestarian alam sepanjang garis pesisir pantai, lanjutnya, kawasan agrowisata juga harus menjadi perhatian. Sehingga, hal ini bisa dikembangkan pada masa-masa mendatang.

“Dalam pengembangan zaman, kita wajib menjaga kelestarian alam seperti pantai, pegunungan dan sektor-sektor pertanian, agar kedepan wilayah Kabupaten Lamsel juga bisa menjadi Kota Modern. Jadi, ekosistem pun harus dijaga dengan baik misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan pantai,”pungkasnya. (idh)

BAGIKAN