KPU Bakal Gelar Cerdas Cermat Pilkada

848

KALIANDA – KPU Lampung Selatan terus menggencarkan sosialisasi pilkada Lampung Selatan 9 Desember 2015 kepada masyarakat.

Lembaga penyelenggara pilkada di Bumi Khagom Mufakat ini juga terus mengintensipkan sosialisasi kepada pemilih pemula dengan berbagai cara. Selain menjadi pembina upacara diberbagai sekolah menengah setiap hari Senin, KPU juga bakal menggelar kegiatan cerdas cermat pilkada yang rencananya bakal digelar November.

Komisioner KPU Lamsel Hj. Titik Sutriningsih mengungkapkan, sosialisasi pilkada kepada pemilih pemula juga untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya para pelajar.

“Cerdas cermat dan diskusi panel kami harap bisa memberikan warna dalam pesta demokrasi yang akan kita gelar di 9 Desember 2015,” kata Titik kepada Radar Lamsel, kemarin.

Menurut dia, sejauh ini ada 7 sekolah menengah yang sudah menjadi target KPU dalam bersosialisasi. Diantaranya SMAN 2 Kalianda, SMKN 1 Kalianda, SMKN 2 Kalianda, SMK Muhammadiyah, MAN Kalianda dan SMK Hampar Baiduri Kalianda serta SMA/SMK Pembangunan Kalianda.

BACA :  PT.STP Lampung Pastikan Distribusi Nasi Kotak Tanpa Keluhan

“Selain sebagai bentuk pendidikan politik, cerdas cermat juga mengajarkan pelajar berkompetisi secara pengetahuan mengenai politik dan pilkada,” kata Titik.

Ketua Pokja Sosialisasi KPU Lamsel itu berharap pihak sekolah dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Yakni dengan mengikutsertakan anak didiknya dalam kegiatan itu. “Harapan kami, para pelajar di Lamsel bisa tahu mengenai pilkada. Yang paling utama, agar pemilih pemula tidak golput,” pungkas mantan Komisioner Panwaslu itu.

Sementara itu, Warga Kota Kalianda tahu waktu pelaksanaan pilkada Lampung Selatan 9 Desember 2015. Warga kota juga mengetahui tiga pasangan calon yang akan bertarung pada pilkada Lamsel yaitu pasangan nomor urut 1 KH. Soleh Bajuri – Ahmad Ngadelan Jawawi (Baja), pasangan nomor urut 2 H. Rycko Menoza, SZP – H. Eki Setyanto (Ko-Ki) dan pasangan nomor urut 3 H. Zainudin Hasan – Nanang Ermanto (ZaiN).

BACA :  Harga Bahan Pokok Cenderung Turun

“Tahu, Mas. Tanggal 9 Desember kan?,” kata Indri Aprianty (22), warga Kelurahan Wayurang saat diwawancarai Radar Lamsel, kemarin.

Menurut dara yang menggunakan jilbab itu, dia sudah mengetahui pelaksanaan waktu pilkada serentak dari perkembangan informasi dan berita. “Ya, bukan baru tahu ini (dalam kegiatan). Sudah tahu dari lama,” kata dia.

Disinggung mengenai apakah ada calon yang dia kenal? Menurut Indri, dari tiga pasangan calon dua yang dia ketahui. Yaitu pasangan nomor 2 dan 3. “Pak Rycko dan Zainudin. Jangan tanya mau milih siapa ya? Rahasia perusahaan,” canda Indri.

Senada dikatakan Ahmad Zikri (24). Warga Desa Tajimalela yang juga menjadi peserta jalan sehat ini mengaku sudah mengetahui hari dan tanggal pemungutan suara pilkada Lamsel. “Sudah mas. Tanggal 9 Desember, iya?,” kata Ahmad kepada Radar Lamsel. (edw)