KPU Target Rampung Selasa

680
Edwin Apriandi – KPU Lamsel mulai melakukan pelipatan surat suara sejak Sabtu (21/11). KPU mengerahkan ratusan warga untuk melipat surat suara pilkada Lamsel 9 Desember 2015 itu.

KALIANDA – KPU Lampung Selatan mulai melakukan pelipatan surat suara pilkada Lamsel 9 Desember 2015, sejak Sabtu (21/11). Ratusan warga sekitar kantor KPU dikerahkan untuk mempercepat proses pelipatan 700 ribu lebih surat suara itu.
Sekretaris KPU Lampung Selatan H. Thamrin, S.Sos, M.M mengatakan, lembaganya menargetkan pelipatan suara rampung dalam waktu tiga – empat hari. Jadi jika proses pelipatan dilakukan pada Sabtu (21/11) maka ditargetkan pelipatan surat suara rampung pada Selasa (24/11).
“Kami targetkan rampung dalam waktu tiga hari. Prosesnya cepat kok. Karena hanya tiga lipatan saja,” ungkap Thamrin kepada Radar Lamsel, kemarin.
Dalam proses pelipatan itu, Thamrin mengaku lembaganya dibantu warga yang berada disekitar Kantor KPU Lamsel di Jl. Raden Intan No. 82A, Kalianda. Proses pelipatan sendiri mendapat pengawalan dari petugas kepolisian dan Panwas Pilkada Lamsel. “Sekitar 100 orang yang melipatnya. Warga ditambah staff-staff KPU supaya cepat,” ungkap Thamrin.
Disinggung mengenai apakah ada surat suara yang rusak dalam proses pelipatan, Thamrin mengatakan belum ada laporan. Namun, KPU bersama Panwas Pilkada telah melakukan pemusnahan surat suara rusak saat masih di percetakan di Bandarlampung.
“Dalam proses pelipatan belum ada. Yang ada waktu dipercetakan. Jumlah yang rusak mencapai 4 ribu lebih,” ungkap Thamrin.
Ketua Panwas Pilkada Lamsel Sahbudin Usman membenarkan lembaganya ikut mengawasi pemusnahan surat suara rusak saat dipercetakan PT. Ganesja Baru, Bandarlampung sebanyak 4 ribu lebih. “Iya sudah dibuatkan berita acara pemusnahannya,” ungkap Sahbudin.
Pantauan Radar Lamsel, proses pelipatan surat suara pilkada itu terlihat cepat. Ratusan warga yang melipat surat suara yang berada di aula Kantor KPU Lamsel hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit dalam melipat surat suara sebanyak 25 lembar.
Sejumlah alat yang digunakan diantaranya botol minuman ringan yang digunakan untuk menekan lipatan. “Cepat kok mas. Tidak seperti surat suara pileg 2014 lalu,” ungkap salah seorang warga yang ikut melipat surat suara. (edw)

BACA :  Calon Independen Akan Bertarung Dalam Pilkada Pesawaran
BAGIKAN