KUD dan KSP Tingkatkan Ekonomi Kreatif

771
Veridial – Rapat Anggaran Tahunan (RAT) yang digelar KUD dan KSP Sepakat di koperasi tersebut yang berada di Desa Titiwangi Kecamatan Candupuro, Kamis (24/3).

CANDIPURO – Upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif masih terus dilakukan oleh Uspika Kecamatan Candipuro.
Setidaknya hal itu dapat dilihat dari kegiatan Rapat Anggaran Tahunan (RAT) yang diadakan di kantor KUD dan KSP dikantornya yang berada di Desa Titiwangi, Kamis (24/3).
RAT yang ke X dihadiri 61 anggota dan pengurus. Nampak Sekcam Candipuro Madro’i, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Lamsel Yulianto, Uspika Candipuro dan Kades Titiwangi.
Ketua KSP Sepakat Zainal Abidin mengatakan, KUD dan KSP Sepakat, dewasa ini sudah mulai berbenah dan mengacu pada ruang lingkup perkoperasian nasional.
“ Sistem pengelolaannya sudah kita perbaharui seiring perkembangan dunia perkoperasian dan tetap mengacu pada UUD Koperasi,” kata dia kepada Radar Lamsel.
“Sesuai program bupati Lamsel Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum, kami harapkan dapat ikut serta meningkatkan ekonomi kreatif yang berada di desa,” tambah Zainal.
Lebih lanjut ia menjelaskan, pengguna jasa masih didominasi para petani dinilai cukup membantu dengan adanya Koperasi ini. “Kita terapkan sistem pemerataan mulai dari usaha perdagangan, ternak hingga usaha kecil/mikro,” kata dia.
“Pengguna jasa Koperasi masih didominasi petani, jadi kami terapkan system pemerataan dalam penyaluran dana pinjaman KSP tersebut,” imbuhnya.
Sekcam Candipuro Madro’i yang mewakili Camat Candipuro mengatakan, keberadaan koperasi yang masih berjalan tentunya dapat menghindarkan warga dari rentenir yang ada di desa.
“Masih banyak warga desa yang meminjam uang kepada rentenir, dan tidak sedikit harta benda mereka yang disita akibat terjerat hutang. Bagi yang ingin meminjam modal atau bahkan menambah modal baiknya bisa melalui koperasi saja,” ujar Sekcam Candipuro ini. (Cw3)

BACA :  Hasil Lelang Sekda Dilapor ke KASN