Kuota Gratis Mulai Digulirkan

28
ILUSTRASI

KALIANDA – Kuota gratis bagi pelajar dikabarkan mulai dikucurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (22/9) kemarin. Hal ini menjadi jawaban keresahan para wali murid selama masa pandemi covid-19 dalam pemenuhan metode belajar dalam jaringan (daring).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan, Thomas Amirico mengaku, sangat bersyukur dengan informasi soal realisasi bantuan kuota bagi para pelajar tersebut. Dengan begitu, bisa membantu para wali murid dalam memenuhi metode belajar daring selama masa pandemi ini.

“Sudah kami kroscek ke bawah, bahwa bantuan kuota dari pusat sudah direalisasikan hari ini. Semoga bisa bermanfaat dan metode daring selama pandemi ini lancar serta efektif,” kata Thomas kepada Radar Lamsel, Selasa (22/9) kemarin.

BACA :  Polisi Lakukan Penyelidikan

Dari informasi Kemendikbud, bentuk bantuan yang diberikan pemerintah adalah berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum, imbuhnya, adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi apapun.

Sementara kuota belajar, adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi khusus pembelajaran. “Bantuan kuota data internet ini diberikan kepada siswa, mahasiswa, pendidik, guru, serta dosen,” terangnya seraya membaca informasi dari Kemendikbud.

BACA :  Tajimalela Bahas Pembangunan 2021

Lebih lanjut Thomas mengatakan, penyaluran kuota data internet gratis ini diberikan dalam empat tahapan. Dan akan digulirkan selama empat bulan kedepan hingga Desember 2020.

“Bulan kesatu tahap I digulirkan pada 22-24 September 2020 dan tahap II disalurkan pada 28-30 September 2020. Bulan kedua, tahap I dikucurkan pada 22-24 Oktober 2020 dan tahap II disalurkan 28-30 Oktober 2020. Dan periode bulan ketiga dan empat disalurkan bersamaan pada 22-24 November 2020 dan tahap selanjutnya di tanggal 28-30 November 2020,” pungkasnya. (idh)