Kuota Vaksin Rabies Merosot

69
ILUSTRASI

PALAS – Kegiatan Bulan Bakti Rabies tinggal hitungan hari lagi. Seperti di Kecamatan Palas – Sragi kegiatan penyuntikan vaksin hewan penular rabies mulai dilaksanakan pada Senin (24/8), pekan depan.

Namun kegiatan penyuntikan vaksin rabies tahun ini sedikit berbeda dari tahun lalu. Dimana kuota penyuntikan hewan rabies tahun ini hanya 150 ekor.

Hal tersebut diutarakan oleh Kasubag Tata Usaha, Pusat Keseharan Hewan Kecamatan Palas – Sragi, Wartono. Meski Bulan Bakti Rabies jatuh pada September mendatang, namun di dua kecamatan itu pelakasanaan penyuntikan vaksin dipercepat pada akhir Agustus.

BACA :  UMKM Harus Punya Izin Usaha

“Penyuntikan vaksin rabies akan kita laksanakan Agustus, karena untuk mengejar luas wilayah 31 desa yang ada di Kecamatan Palas dan Sragi,” ujar Wartono memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, saat ditemui dikediamaanya, Desa Bakti Rasa, Rabu (19/8).

Wartono mengungkapkan, pada penyuntikan vaksin pada hewan penular rabies pada tahun ini terdapat peengurangan kota. Dari tahun sebelumnya mencapai 400 hewan penular rabies, di tahun ini dua kecamatan itu hanya mendapat kuota sekitar 150 ekor hewan penular rabies.

“Ada penguragan tahun ini, tahun-tahun sebelumnya dua kecamatan ini mendapat kuota sekitar 400 ekor. Tahun ini hanya sekitar 150 ekor. Munkin disebabkan ada pandemi Covid-19 saat ini, ada pengalihan anggaran,” terangnya.

BACA :  Baru Setahun Diperbaiki, Jembatan Rusak Lagi

Sama seperti di tahun sebelumnya, Desa Bali Agung masih menjadi fokus kegiatan penyuntikan vaksin rabies, hal tersebut disebabkan desa tersebut memiliki populasi anjing yang cukup tinggi.

Meski jumlah kuota tahun ini dikurangi, namun pihaknya tetap berupaya mencari penambahan kuota vaksin rabies.

“Tapi mungkin pada saat pelakasanaannya ada penambahan. Mengambil sisa kuoat dari wilayah kecamatan lain. Kami juga mengharapkan masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” harapnya. (vid)