Lampu Jalinsum Dipasang Meteran

117
Shofyan Apriyansyah – Teknisi perawatan APJU sedang melakukan pergantian APJU tenaga surya yang rusak dengan APJU alat kwh listrik, di Jalinsum Desa campangtiga Kecamatan Sidomulyo, rabu (30/10).

SIDOMULYO – Sebanyak 67 titik Alat Penerangan Jalan Umum (APJU) bertenaga surya yang berada di tujuh desa meliputi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), mulai dari Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda sampai Desa Campang Tiga Kecamatan Sidomulyo rusak.

Itu terungkap saat pergantian total APJU bertenaga surya yang rusak dengan LPJU bertenaga listrik oleh Direktorat Kemenhubdar RI, Rabu (30/10).

Wisman Efendi tenaga teknisi lapangan CV. Bayu Estetika dalam pengerjaan tersebut mengungkapkan, sedikitnya 67 titik APJU bertenaga surya sepanjang Jalinsum Desa Jati Kalianda sampai Desa Campangtiga Sidomulyo sedang dilakukan perawatan.

“ Perawatan meliputi pergantian secara total alat PJU tenaga surya yang rusak dengan PJU bertenaga listrik,” ungkap Wisman efendi.

BACA :  Rapid Tes Usai Kontak dengan Pasien Covid-19

Ia menjelaskan, pergantian secara total APJU tenaga surya yang rusak ke APJU tenaga listrik secara teknis, disetiap tujuh titik tiang penyangga APJU akan dilengkapi dengan alat KWH listrik.

“ Teknisnya, rencananya petugas instalasi disetiap tujuh tiang listrik akan di pasang alat meteran listrik,” jelasnya.

Tujuannya, kata Wisman Efendi lagi, dengan adanya penerangan jalan yang maksimal, diharapkan mampu menekan angka kecelakaan dan kriminalitas yang diakibatkan kurangnya APJU di ruas jalan.

“ Perawatan ini sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat oleh pemerintah, dalam menciptakan rasa aman dan nyaman kepada pengendara bermotor dan penguna jalan saat melintas. Agar tehindar dari kecelakaan dan tindakan kriminal orang tidak bertanggung jawab,” kata Wisman Efendi.

BACA :  Miliki Riwayat Kontak Erat Di Rapid Test

Ditargetkan, pekerjaan yang sudah memakan waktu hampir dua pekan itu akan selesai sau atau dua hari kedepan.

“ Jika tidak terkendala, pekerjaan dalam dua hari kedepan sudah selesai,” kata Wisman Efendi.

Sementara, Ruslan (35) seorang pekerja pebaikan dan perawatan PJU tersebut menerangkan, perawatan meliputi, menganti lampu JPU, alat KWH listrik disteiap tujuh titik. Dimana, instalasi listrik akan melibatkan pihak PLN Rayon Kalinda.

“ Jika alat PJU tenaga surya yang rusak sudah diganti dengan PJU tenaga listrik, untuk instalasi PJU beserta alat kwh listrik akan dilakukan oleh pihak PLN rayon Kalianda,” pungkasnya. (CW2)