Lamsel Punya Kapolres dan Dandim Baru

107
Ist. Radar Lamsel – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto (tengah) bersama Letkol Kav. Robinson O. Bessie, dan Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico S. Nugroho melakukan salam komando sebagai bukti kerja sama dengan Pemkab Lamsel.

KALIANDA – Anggota Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan lagi-lagi berubah. Setelah Dandim 0421/LS, kali ini jabatan Kapolres Lamsel yang berganti. Jabatan orang nomor satu di Kepolisian Lamsel yang sebelumnya dipegang oleh AKBP. Edi Purnomo, S.IK akan digantikan dengan AKBP. Zaky Alkazar Nasution, S.IK.

Sebelum ke Lampung Selatan, nama terakhir menjabat sebagai Kanit II Subdit II Dittipidkor Bareskrim Polri. Sedangkan Edi akan menempati posisi baru sebagai Kabagwassidik Ditreskrimum Polda Lampung. Mutasi ini yang tertuang di Surat Telegram bernomor ST/2245-2250/VIII/KEP/2020 tertanggal 3 Agustus 2020.

Selama menjabat Kapolres Lamsel periode November 2019 hingga Agustus 2020, banyak program dan kegiatan yang digagas oleh Edi. Paling populer tentunya kegiatan patroli subuh yang dibarengi dengan ‘ngopi mas’, atau ngobrol perkara iman dan kamtibmas di wilayah kecamatan secara bergiliran setiap pekan.

Kegiatan tersebut memang sengaja diusung lulusan Akpol 1999 ini karena ingin menggali informasi dari bawah. Khususnya di kalangan masyarakat. Sehingga konflik-konflik yang berpotensi besar bisa dihindari sedini mungkin. Selain itu, Edi juga kerap menyambangi sekaligus memberikan bantuan kepada santri, dan masjid.

Dengan awak media pun demikian. Edi begitu ramah, dan siap menjawab konfirmasi yang dikirimkan oleh Radar Lamsel. Jika ada waktu, Edi akan sigap membalas konfirmasi yang ditujukan kepadanya. “Insyaallah. Kalau enggak sibuk dan bisa saya jawab, pasti saya balas, Mas,” katanya saat dihubungi Radar Lamsel, Selasa (4/8/2020).

BACA :  Nanang: Sewa Rusunawa Jangan Dipersulit!

Namun sayang, saat diwawancarai Radar Lamsel mengenai kesan-kesannya selama menjabat sebagai orang nomor satu di Kepolisian Lampung Selatan, Edi menolak menjawab. Edi berjanji akan menyampaikan perasaannya saat terah terima jabatan nanti. “Nanti saja ya, sehabis serah terima, Mas,” ucapnya.

Sementara ini Radar Lamsel belum mendapat informasi kapan dua perwira menengah ini melaksanakan serah terima jabatan. Kasubbag Humas Polres, AKP. Budi Purnomo, belum menjawab konfirmasi yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp.

Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, bersyukur mendapat dukungan dari Bupati serta jajaran Forkopimda Lampung Selatan. Karena mendapat dukungan penuh, Enrico menyatakan pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah daerah, dan lembaga negara lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

“Untuk ke depan. kita sama-sama membangun membantu pemerintah daerah dalam rangka mensejahterakan masyarakat, khususnya masyarakat Lampung Selatan,” ucap Enrico saat temu pamit dengan H. Nanang Ermanto di kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (4/8/2020).

Pada kesempatan yang sama, Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Letkol Kav. Robinson Oktovianus Bessie beserta keluarga atas dedikasinya selama mengabdi di Lampung Selatan. Nanang mengapresiasi kinerja dan kerjasama antara Kodim 0421/LS dengan Pemkab Lamsel selama kepemimpinan Robinson.

“Selamat bertugas di tempat baru. Kami, dan seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Selatan akan senantiasa mendoakan semoga sukses selalu di tempat tugas baru,” katanya.

Usai pertemuan itu, Robinson ini mengaku sangat terkesan selama bertugas sebagai Komandan Kodim 041/LS. Menurutnya, Pemkab Lampung Selatan sangat terbuka. Selain itu, lulusan Akmil 2000 ini menilai pejabat Pemkab Lamsel sangat mendukung setiap kegiatan yang digagas oleh Kodim 0421/LS. Apalagi demi kesejahteraan masyarakat.

BACA :  Beda Pandang di Tubuh Bawaslu

“Yang jelas, bagi saya sesuatu yang luar biasa bekerjasama dengan pemerintah daerah selama saya berdinas sebagai Komandan Kodim di sini. Karena kita benar-benar bersinergi, terjalin komunikasi yang baik dan saling membantu. Intinya kita seiring sejalan selama ini,” ujarnya.

Robinson juga menceritakan, banyak persoalan yang ia hadapi selama bertugas di Lampung Selatan. Mulai dari musibah tsunami akhir 2018 lalu sampai dengan pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh negeri. Berkat kekompakan seluruh jajaran Forkopimda bersama bupati, dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik.

“Sangat terkesan sekali, karena kita sangat guyub. Forkopimda bersama-sama Pak Bupati saling mendukung satu sama lain. Tidak ada yang berjalan sendiri-sendiri, sehingga semua program dapat berjalan dengan baik. Terutama ketika terjadi bencana, banyak program yang kita lakukan bersama-sama,” katanya.

Robinson akan bertugas ke Mabes AD sebagai Staf Perencanaan Angkatan Darat. Ia digantikan oleh Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos, M.Tr (Han) yang sebelumnya menjabat sebagai Komondan Secaba Rindam II/Sriwijaya. Selain ketiganya, temu pamit juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM beserta sejumlah pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. (rnd)