Lansia Periksa Kesehatan Gratis

66
Shofyan – Bidan Desa Sidomakmur, Kecamatan Waypanji, Eka Suryani, M. Kes, saat memberikan pelayanan kesehatan gratis, kepada lansia warga sekitar, di Posyandu setempat, rabu (26/8).

WAY PANJI – Puluhan Orang Lanjut Usia (Lansia) di Dusun II Desa Sidomakmur, Kecamatan Waypanji, mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, di Posyandu melati II desa setempat, Rabu (26/8).

Bidan Desa Sidomakmur Eka Suryani, M. Kes mengatakan, semenjak dibukanya pelayanan kesehatan di Posyandu Melati II di Desa Sidomakmur itu, mulai pukul 08.00 pagi-09.00 WIB, setidaknya tercatat ada sekitar 30 Lansia telah menjalani peemriksaan kesehatan dari 75 Lansia yang ada di Dusun II tersebut.

“ Dari mulai dibukanya pelayanan kesehatan gratis bagi Lansia di Posyandu Melati II, sejak pukul 08.00-09.00 pagi ini, tercatat 30 Lansia sudah mendapatkan pelayanaan kesehatan,” kata Eka Suryani kepada Radar Lamsel, disela kegiatan.

Eka Suryani menuturkan, Posyandu Lansia merupakan bentuk perwujudan pelaksanaan pengembangan dari program pemerintah yang menitik beratkan pada kesehatan lansia, demi meningkatkan kwalitas hidup dan kesejahteraan para lansia, dengan melibatkan maasyarakat sekitar dalam pelaksanaannya.

Pelayanan kesehatan Posyandu Lansia sendiri lanjutnya, meliputi yakni, mencatat pola makan, cara mandi, rutinitas buang air, kemampuan untuk berjalan dan berpakaian dan kemapuan aktivitas lainya seperti turun atau naik tangga.

“ Selain itu, para lansia juga mendapat pemeriksaan berupa pemeriksaan kondisi mental, status gizi, pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan kadar asam urat dan gula darah,” jelasnya.

Secara umum, kondisi kesehatan para lansia di Dusun II di Desa Sidomakmur ini berdasar hasil diagnosa, mengalami gangguan kesehatan kadar asam urat dan tekanan darah berlebih. Pemicu utamanya, bisa berasal dari pola makan yang kurang teratur dan pola istirahat yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebabnya.

“ Para lansia sudah kami berikan pelayanan kesehatan. Sekaligus, kami juga telah memberikan penyuluhan, agar para lansia lebih memperhatikan pola makan yang baik dan istirahat secara cukup,” katanya.

Sementara, Karomah (67) mengatakan, dirinya kerap mengalami gangguan pencernaan dan rasa nyeri dipersendian kakinya. Setelah menjalani pemeriksaan di Posyandi oleh petugas bidan desa, diketahui dirinya mengalami tekana darah tinggi dan kadar gula meningkat.

Selain itu, Mbah Karomah juga didiagnosa mengalami gangguan kesehatan kadar asam urat.

“ Ya, kadang setiap saya bangun tidur pagi, persendian kaki nyeri, dan sedikit mengalami mual dan pusing. Setelah diperiksa oleh ibu bidan, katanya saya megalami darah tinggi dan asam surat serta kadar gula naik. Alhamdulilah, saya sudah diperiksa dan diberi obat. Saya disarankan untuk menjaga pola makan dan istirahat teratur,” kata Mbah Karomah.

Sementara, Mbah Siti (65) mengaku dengan adanya pelayanan kesehatan gratis di Posyandu tersebut, baik dirinya dan para lansia lainya sangat merasa terbantu.

“ Pemeriksaan kesehatan secara rutin selama tiga bulan sekali di Posyandu Lansia ini sangat membantu kami. Sebab, selain pemeriksaannya gratis, kami juga diberi penyuluhan kesehatan oleh ibu bidan,” kata Mbah Siti.(CW2)