Lapor! Petugas Kalianda Sehat Jarang Standby

161
Randi Pratama – Beginilah posisi Klinik Pratama Kalianda Sehat ketika ditutup saat jam pelayanan dibuka. Foto dibidik Kamis (6/2/2020).

KALIANDA – Pelayanan Klinik Pratama Kalianda Sehat dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, jam buka klinik ini tidak menentu. Padahal klinik yang terletak di Jalan Raden Intan no. 25 Kelurahan Wayurang, Kecamatan Kalianda ini telah menentukan jam buka pelayanan. Tepatnya pada pukul 09.00-13.00 WIB, dan pukul 16.00-20.00 WIB. Tetapi faktanya tidak sesuai dengan itu.

Zam (29), warga Kecamatan Kalianda, secara terang-terangan mengeluhkan pelayanan di klinik itu. Dia menyebut jika waktu pelayanannya tidak menentu. Mirisnya kejadian ini dialaminya berkali-kali. Saat jam buka, Zam hendak meminta surat rujukan BPJS di klinik itu. Tetapi posisi klinik tidak dibuka.

“Tadi (siang) saya ke situ, mau minta surat rujukan. Tapi dokternya enggak ada, katanya kliniknya juga tutup,” katanya kepada Radar Lamsel, Kamis (6/2/2020).

Posisi pada saat itu, kata Zam, klinik yang ditutup dalam keadaan terbuka. Sebab, rolling door-nya terbuka. Begitu pula dengan pintu etalasenya. Tetapi pihak klinik menyatakan jika saat itu masih jam istirahat. Sedangkan Zam ke klinik itu sekitar pukul 13.30 WIB, kemarin.

BACA :  Lapas Kalianda Gelar Sidang Daring

“Iya, tapi sudah dikunci. Dalam dua minggu ini saya sudah empat kali ke situ, tapi enggak pernah ketemu sama dokternya. Saya heran kok tiap mau ditemuin enggak ada mulu,” katanya.

Menurut keterangan warga sekitar, jam buka klinik itu memang tidak menentu meski waktunya telah ditentukan. Begitu pula dengan dokternya. Datang hanya sebentar, sesudah itu pergi lagi. Tentu hal ini sangay disayangi mengingat klinik memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Emang begitu terus, dateng, udahnya pergi lagi. Waktu itu ada juga warga yang datang, mau nemuin dokter. Tapi enggak ketemu, dokternya enggak ada,” katanya.

BACA :  Ratusan Warga Binaan Dapat Asimilasi

Radar Lamsel mengonfirmasi masalah jam buka klinik tersebut. Namun dr. Warso, selaku penanggungjawab klinik tidak ada di tempat. Hanya ada satu perempuan yang melayani, kemudian satu pria dan wanita di dalam ruangan depan. Radar Lamsel menanyakan kepala klinik tersebut. Dengan serentak mereka menjawab bahwa atasannya tidak ada di klinik.

“Ooh mau konfirmasi, tapi bapak lagi enggak ada, Mas. Memang keluhannya apa, dan seperti apa,” katanya.

Radar Lamsel menjelaskan masalah jam buka klinik itu, dan menyampaikan keluhan masyarakat. Namun kedua orang ini tidak bisa memberikan jawaban. Salah satu karyawan klinik ini meminta Radar Lamsel mengonfirmasi langsung kepada Warso, selaku atasan mereka.

“Besok ke sini saja, Mas. Kalau sekarang dokter lagi enggak ada di sini. Atau nanti kami coba sampaikan dengan beliau mengenai keluhan ini,” katanya. (rnd)